Cara Sederhana Mengatur Keuangan Saat Pandemi Virus Corona

Pandemi virus Corona merupakan salah satu fenomena tak terduga yang mengubah aspek kehidupan semua orang, termasuk ekonomi.

Penyebarannya, yang bisa dicegah dengan social distancing, membuat ekonomi terhambat. Banyak perusahaan di industri tertentu, seperti pariwisata, retail, transportasi, dan lain-lain,  yang kehilangan pemasukan dan banyak pengusaha, pedagang atau pekerja sektor informal yang kehilangan pendapatan.

Apapun pekerjaanmu, dalam situasi tak menentu ini, kita semua perlu mengatur pengeluaran dengan lebih cermat untuk tetap bertahan dalam situasi ini. 

Berikut tips mengatur keuangan saat pandemi virus Corona berlangsung dari Hemat Pangkal Kaya yang bisa kamu terapkan.

Memantau Kondisi Keuangan

Dengan mengetahui kondisi keuanganmu yang sekarang, kamu bisa menentukan strategi yang lebih tepat untuk bertahan di situasi sulit ini. 

Sebelum memutuskan strategi mengatur keuangan saat pandemi, kamu perlu memantau kondisi keuanganmu. Kamu bisa memantau kondisi keuanganmu dengan mencari tahu:

  1. Berapa total pengeluaranmu satu bulan? Bagaimana perinciannya?
  2. Berapa jumlah dana darurat yang kamu miliki? Cukup untuk berapa bulan dana darurat yang kamu miliki sekarang?
  3. Bagaimana proyeksi pendapatanmu untuk beberapa bulan ke depan? (Misalnya, bagaimana keadaan industri tempatmu bekerja? Masihkah kamu menerima gaji waktu beberapa bulan ke depan?)

Dengan mengetahui kondisi keuanganmu yang sekarang, kamu bisa menentukan strategi yang lebih tepat untuk bertahan di situasi sulit ini. 

Misalnya, jika dana daruratmu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan selama kira-kira 6 bulan dan prospek pendapatanmu selama beberapa bulan ke depan tidak baik, kamu mungkin perlu melakukan pemangkasan budget yang cukup drastis dan mencari tambahan pendapatan. 

Jika dana daruratmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selama kira-kira 6 bulan ke depan, kamu tidak perlu terlalu khawatir, namun tak ada salahnya mengatur kembali budget-mu agar dana daruratmu bisa mencukupimu untuk waktu yang lebih lama, mempertimbangkan situasi yang tidak menentu. 

Tidak ada jawaban benar maupun salah. Yang penting, pahami dulu kondisi keuanganmu, kemudian barulah tentukan prioritasmu dan strategimu.

Mengatur Kembali Pengeluaran

Sesuaikan kebiasaanmu dengan budget barumu, contohnya dengan lebih sering memasak di rumah

Bagaimanapun kondisi keuanganmu, berhemat merupakan langkah yang bijak untuk mengatur keuangan saat pandemi virus Corona berlangsung. Cara yang paling efektif untuk berhemat adalah mengatur kembali pengeluaranmu. Berikut tips-tips mengatur kembali pengeluaran selama pandemi virus Corona berlangsung:

1. Kurangi belanja atau konsumsi barang-barang yang bukan kebutuhan pokok

Misalnya, selama ngantor, mungkin kamu sering membeli kopi susu atau memesan makanan via Go-Food agar tetap segar saat bekerja. Atau mungkin, biasanya kamu berlangganan berbagai aplikasi musik, hiburan, atau gym membership

Di saat seperti ini, ada baiknya untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran tersebut, agar uang yang biasa kamu keluarkan untuk hal-hal ini bisa dialihkan untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih penting, misalnya tagihan listrik maupun pulsa yang meningkat selama bekerja di rumah. Dengan cara ini, tabungan dan dana daruratmu bisa bertahan lebih lama.

2. Alokasikan sebagian uang untuk menjaga kesehatanmu

Di masa pandemi ini, menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang sangat krusial untuk dilakukan. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan membeli sabun dan antiseptik, membeli multivitamin, atau memilih makanan yang lebih bergizi. 

Peningkatan pembelian barang-barang untuk menjaga kesehatan tentunya akan mempengaruhi pengeluaran bulananmu, sehingga ada baiknya jika kamu menyisihkan sebagian uang untuk pos ini.

3. Sesuaikan gaya hidup dengan budget baru

Budget bulananmu mungkin berubah, mempertimbangkan tabungan dan dana darurat serta prospek pendapatanmu. Untuk itu, kamu perlu melakukan penyesuaian gaya hidup juga, untuk menyesuaikan diri dengan budget-mu. 

Misalnya, mungkin kamu sering membeli makan di luar sebelum pandemi virus Corona berlangsung. Nah, di saat seperti ini, mungkin sebaiknya kamu memasak sendiri di rumah untuk menghemat uang.

Baca Juga: 7 Ide Kegiatan Saat Pandemi Virus Corona yang Bisa Kamu Lakukan

Mencari Sumber Penghasilan

Carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kondisimu dan keahlianmu
Carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kondisimu dan keahlianmu

Bagian yang tak kalah penting dalam mengatur keuangan saat pandemi adalah mencari penghasilan.

Jika proyeksi pendapatanmu tidak memungkinkanmu untuk bertahan selama beberapa bulan ke depan, ini saat yang penting untuk memulai mencari penghasilan baru.

Kalau kamu memiliki pekerjaan tetap namun terancam akan kehilangan pekerjaan karena pandemi ini, kamu mungkin mau mempertimbangkan untuk meng-update CV, dan melamar kerja di sektor yang tidak terpengaruh pandemi ini. Atau, kamu juga bisa untuk mencari penghasilan tambahan, seperti membuka online shop, menjadi freelancer, dan lain-lain. 

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Modal Minim

Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan kondisimu dan keahlianmu. Penghasilan baru atau pekerjaan tambahan akan membantumu untuk bertahan beberapa bulan ke depan.

Itulah sedikit tips dari Hemat Pangkal Kaya dalam mengatur keuangan saat pandemi virus corona berlangsung. Di tengah situasi yang tidak menentu ini, memang perlu kecermatan lebih dalam mengatur keuangan agar kita tetap bisa bertahan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan tinggal di rumah aja, ya!

Baca Juga: 

20s something... doing this and that.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *