Kenali 5 Manfaat Kartu Kredit untuk Hidup Lebih Mudah

Masih banyak orang beranggapan kartu kredit hanya akan membuat hidupmu menjadi sulit dan terjerat dalam utang berkepanjangan. Padahal sebenarnya, kartu kredit juga dapat memudahkan hidupmu. 

Sayangnya, berbagai manfaat tersebut menjadi tertutupi oleh berbagai pemberitaan mengenai kerugian memiliki kartu kredit yang sebenarnya terjadi karena kesalahan pengelolaan yang dilakukan pemiliknya. 

Secara umum, kebanyakan orang masih berpandangan kepemilikan kartu kredit ditujukan agar bisa melakukan berbagai pembelian barang tanpa simpanan uang terlebih dahulu alias mengutang. Tidak sekadar mengutang, pembelian secara kredit dengan kartu kredit juga banyak dinilai lebih berorientasi kepada sikap konsumtif. 

Pandangan kartu kredit agar bisa mengutang untuk melakukan pembelian barang sebenarnya tidak salah. Namun sebenarnya, manfaat kartu kredit tak hanya itu lho. Asalkan kamu menjadikan kartu kredit sebagai alat bayar (bukan media untuk mengutang) dengan selalu membayar tagihanmu secara penuh, kartu kredit bisa mendatangkan banyak manfaat untukmu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kartu kredit yang bisa membuat hidupmu lebih mudah: 

1. Merupakan Alat Pembayaran yang Diakui Dunia

Toko-toko di berbagai negara dunia umumnya menyediakan pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit.
Toko-toko di berbagai negara dunia umumnya menyediakan pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Pernahkan kamu pusing mencari tempat penukaran uang ketika sedang berlibur ke luar negeri?

Kesulitan tersebut tidak akan kamu rasakan jika kamu memiliki kartu kredit. Salah satu manfaat kartu kredit adalah kartu kredit merupakan alat pembayaran yang berlaku di seluruh dunia sehingga kamu tidak perlu sulit-sulit mencari tempat penukaran uang di luar negeri ketika kehabisan dana saat sedang berlibur. 

Hampir tiap toko di luar negeri sudah menjalin kerja sama dengan penerbit kartu kredit. Tidak hanya membuatmu lebih mudah bertransaksi, memakai kartu kredit sebagai alat pembayaran di luar negeri juga relatif lebih melindungimu dari ancaman kecopetan atau kehilangan uang tunai dalam jumlah besar. 

2. Memudahkan Bertransaksi secara Daring 

Ilustrasi belanja secara daring atau online dengan kartu kredit
Ilustrasi belanja secara daring atau online dengan kartu kredit

Sebagian besar tempat perbelanjaan secara elektronik (e-commerce maupun marketplace) menyediakan berbagai pilihan untuk cara pembayaran, salah satunya dengan menggunakan kartu kredit.

Pembayaran menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara pembayaran yang menguntungkan. Salah satu keuntungan yang diberikan oleh e-commerce ketika kamu memiliki bertransaksi menggunakan kartu kredit adalah potongan harga.

Bahkan ada juga fasilitas bunga 0% bagi kamu yang mau melakukan kredit atas barang atas jasa yang kamu inginkan. Menarik, bukan?

3. Memberikan Kesempatan untuk Memperoleh Hadiah 

Transaksi menggunakan kartu kredit memungkinkan kamu untuk mendapatkan poin
Transaksi menggunakan kartu kredit memungkinkan kamu untuk mendapatkan poin

Tidak hanya dari pihak penjual, keuntungan memiliki kartu kredit akan kamu peroleh dari bank penerbit kartu kreditmu.

Biasanya, bank memiliki kebijakan untuk memberikan poin hadiah yang bisa kamu kumpulkan untuk akhirnya bisa ditukarkan dengan melakukan pembelian barang dan jasa. 

Manfaat kartu kredit ini termasuk yang paling banyak dikejar oleh banyak orang. Bahkan tidak jarang ditemukan, seseorang memutuskan untuk memiliki kartu kredit karena mengejar poin hadiah yang ditawarkan oleh bank.

Poin-poin tersebut nantinya bisa ditukarkan untuk pembelian makanan di restoran atau diskon pembelian jasa pariwisata dan yang lainnya.

4. Melindungi TransaksiĀ 

Ada perlindungan dari pihak penerbit kartu kredit untuk setiap transaksi yang kamu lakukan
Ada perlindungan dari pihak penerbit kartu kredit untuk setiap transaksi yang kamu lakukan

Kamu bisa mendapatkan perlindungan yang lebih kuat ketika melakukan transaksi dengan kartu kredit. Khususnya, manfaat kartu kredit ini bisa kamu peroleh ketika melakukan berbagai pembelian secara daring secara kredit. 

Beberapa perlindungan yang bisa kamu peroleh ketika melakukan transaksi memakai kartu kredit adalah penyelesaian sengketa apabila ada perselisihan antara kamu dengan pihak penjual. Penyelesaian perselisihan tersebut biasanya akan kamu dapatkan dari bank penerbit kartu kredit.

Manfaat kartu kredit lainnya yang berhubungan dengan perlindungan adalah kamu bisa saja mendapatkan garansi tambahan dari pihak penerbit atas barang yang kamu beli secara kredit tersebut. 

5. Memudahkan Pendataan Transaksi, Khususnya Transaksi Besar

Bertransaksi dengan kartu kredit memungkinkan pencatatan yang lebih mudah dan jelas
Bertransaksi dengan kartu kredit memungkinkan pencatatan yang lebih mudah dan jelas

Manfaat kartu kredit juga akan terasa dari segi pendataan transaksi keuangan. Transaksi menggunakan kartu kredit jelas akan selalu terekam sehingga kamu bisa melacak apa saja transaksi yang sudah kamu lakukan dan berapa biaya yang sudah kamu keluarkan. 

Terekamnya data keuangan ini akan membuatmu lebih mudah membuat neraca kas keuangan keuangan, terutama transaksi yang besar, sehingga membuat kamu lebih mudah melakukan tracking pengeluaranmu.

***  

Itulah beberapa manfaat kartu kredit yang bisa menguntungkan untukmu. Ingat, gunakan kartu kredit sebagai alat bayar dengan bijak, bukan sebagai media mengutang ya.

Maksudnya, jika kamu ingin melakukan transaksi dengan kartu kredit, pastikan kamu memiliki uang yang cukup untuk membayar, sehingga meskipun kamu melakukan pembayaran dengan kartu kredit, kamu bisa membayarnya.

Jika uangmu belum cukup, mungkin belum saatnya kamu melakukan transaksi tersebut. Selamat menggunakan kartu kredit dengan bijak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *