Cara Mencari Uang Tambahan Untuk Karyawan Yang Bisa Kamu Coba

Bagi seorang karyawan, mencari penghasilan tambahan menjadi salah satu alternatif untuk menambah pendapatan di luar pekerjaan utama. Meskipun mendapatkan penghasilan tetap per bulannya, tak bisa dipungkiri, dengan kebutuhan dan biaya hidup yang terus bertambah, seorang karyawan mungkin perlu mencari penghasilan tambahan.

Untuk kamu, karyawan yang sedang ingin mencari penghasilan tambahan, Hemat Pangkal Kaya punya ide untuk mencari uang tambahan untuk karyawan yang bisa kamu coba lho. Empat pekerjaan ini merupakan pilihan yang tidak akan terlalu banyak menyita waktumu, sehingga pekerjaan utamamu tidak akan terganggu.

1. Menjadi Seorang Freelancer (Pekerja Lepas)

Menjadi seorang freelancer merupakan cara paling banyak dilakukan dalam mencari uang tambahan untuk karyawan 

Menjadi seorang pekerja lepas atau biasa dikenal dengan sebutan freelancer, merupakan salah satu cara mencari uang tambahan yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk seorang karyawan.

Ada banyak sekali pekerjaan freelance yang tersedia di internet yang bisa menghasilkan pundi-pundi bagi kamu yang melakukannya. Soalnya, banyak perusahaan yang saat ini menggunakan jasa freelance untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Misalnya saja, bekerja sebagai penulis artikel suatu website tertentu atau menjadi seorang data entry, melakukan input data berbagai keperluan. 

Untuk kamu yang menguasai bahasa asing, kamu juga bisa menjadi seorang penerjemah.

Bahkan bagi kamu yang memiliki keahlian lebih khusus, seperti desainer grafis, web developer tentu akan sangat banyak diuntungkan dari pekerjaan freelance ini, karena tidak setiap orang mampu mengerjakannya.

Selain waktu kerja yang fleksibel, kamu juga dapat menentukan sendiri tarif atau harga dari pekerjaan yang kamu lakukan setelah bernegosiasi dengan klien. 

Bila kamu berminat menjadi seorang freelance, saat ini sudah banyak situs web yang menjadi platform para freelance untuk mendapatkan pekerjaan. Di Indonesia sendiri yang paling terkenal antara lain situs Sribulancer dan Projects.co.id.

Selain itu, banyak pula situs web luar negeri yang memfasilitasi platform freelance sejenis. Ini bisa kamu coba, bila kamu tertarik untuk bekerja dengan bayaran menggunakan mata uang asing, seperti halnya di situs Freelancer.com dan Upwork.

2. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper bisa menghemat waktumu dalam mencari uang tambahan

Bagi kamu seorang karyawan, namun memiliki jam kerja terbatas dalam memulai suatu bisnis, kamu bisa memulainya dengan menjadi seorang dropshipper.

Sistem dropship adalah sistem dimana kamu menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Jika ada orang yang membeli, kamu meminta seller atau supplier mengirimkan barang atau orderan ke pembeli tersebut. Namun, pada saat pembeli menerima barang, data pengirim barang adalah data tokomu (nama tokomu, alamat, No. HP kamu) sebagai pihak pengirim.

Keuntungan menjadi seorang dropshipper adalah kamu tidak perlu pusing memikirkan produksi barang, kamu hanya cukup membuka toko online sendiri dan mencari pihak penjual yang memiliki barang untuk dijual dan menyediakan jasa dropship ini. Pengiriman ke pelanggan kamu tentu akan menggunakan identitas bisnis kamu pribadi.

Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar dan tidak perlu pusing memikirkan stok barang dan yang lainnya. Kamu cukup membangun reputasi online shop yang baik, sesuai sistem yang ditentukan platform e-commerce yang kamu gunakan, dengan memberikan informasi seputar produk yang akan kamu jual, dan mengirimkan data pembelian ke pihak penjual yang akan mengirimkan barangnya menggunakan identitas toko kamu.

Saat ini sudah banyak sekali pihak penjual yang menyediakan metode ini, kamu pun bisa mengirimkan barang dropship melalui e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Kamu juga bisa menggunakan situs web yang memang menjadi wadah bagi kamu yang memang tertarik untuk menjalani dunia dropship ini, salah satunya adalah website Cakning.com.

3. Menyewakan Aset Pribadi

Sewakan aset pribadi yang anda miliki untuk mendapatkan uang tambahan 

Cara lain untuk mencari uang tambahan untuk karyawan adalah menyewakan aset pribadi, misalnya mobil kamu. Untuk kamu yang memiliki aset seperti mobil, kamu dapat memanfaatkan aset kamu tersebut dalam mencari uang tambahan.

Mobil tersebut bisa kamu sewakan untuk digunakan oleh siapapun yang membutuhkannya. Kamu cukup mencari seseorang kenalan yang bisa kamu percaya untuk menjadi supir sewa dan melakukan bisnis ini. Atau kamu pun dapat pula mengelolanya sendiri di waktu-waktu luang kamu seperti halnya di hari libur.

Jika kamu tertarik untuk menyewakan mobilmu, kamu bisa cek web DOcar.

4. Membuka Jasa Kursus/ Les Privat

Membuka jasa kursus merupakan salah satu cara untuk mencari uang tambahan untuk karyawan

Apabila kamu seorang karyawan dengan tingkat pendidikan S1 dan menguasai suatu bidang pelajaran, kamu bisa memanfaatkan pengetahuan untuk mencari uang tambahan untuk karyawan.

Kamu bisa membuka jasa kursus atau les privat bagi anak-anak sekolah maupun mahasiswa yang membutuhkan bimbingan, yang mana waktu kursusnya bisa kamu sesuaikan dengan jam kantor kamu. Kamu juga bisa menyesuaikan apakah kursus dilakukan di tempat kamu atau kamu datang ke tempat klien. 

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kamu pun bisa mengajar secara online. Tentunya hal ini akan lebih memudahkan kamu, karena bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Terlebih saat ini sudah banyak aplikasi livestream yang bisa kamu manfaatkan salah satunya seperti Skype.

Nah, dari berbagai referensi cara mencari uang tambahan untuk karyawan yang telah dijelaskan di atas, mana yang paling cocok denganmu? Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *