Cara Melunasi Kartu Kredit agar Kamu Terbebas dari Utang

Salah satu produk finansial yang banyak digunakan adalah kartu kredit. Ibarat pedang bermata ganda, kartu kredit merupakan alat bayar yang dapat memberikan pemiliknya berbagai manfaat, tetapi juga dapat menjerat pemiliknya dengan utang. Pasalnya, alat transaksi ini akan mengenakan bunga yang terakumulasi (sebagai harga dari kemudahan pencairan uang) bagi penggunanya apabila penggunanya telat membayar tagihannya.

Oleh karena itu, kartu kredit perlu dikelola dengan bijak. Salah satu cara untuk mengelola kartu kredit dengan tepat adalah memahami cara melunasi kartu kredit.

Jika kamu ingin memiliki atau sudah memiliki kartu kredit, penting bagimu untuk memahami hal ini agar kamu tidak terjerat utang kartu kredit. Berikut ini adalah beberapa tips cara melunasi kartu kredit yang bisa kamu terapkan untuk menggunakan kartu kredit secara bijak.

1. Tetapkan Anggaran Bulanan 

Pastikan untuk selalu bertransaksi dengan kartu kredit sesuai dengan kemampuan membayar bulananmu
Pastikan untuk selalu bertransaksi dengan kartu kredit sesuai dengan kemampuan membayar bulananmu

Kartu kredit memang bisa menjadi cara untuk bertransaksi kapanpun dan di manapun tanpa harus memusingkan ada tidaknya dana tunai yang kamu punya.

Meskipun demikian, kamu tetap harus mengingat, penyediaan dana dari kartu kredit bukanlah hibah. Pada akhirnya di tiap ujung bulan, akan ada perhitungan akumulasi dari total nilai transaksi yang sudah kamu pakai melalui kartu kredit, yang harus kamu bayarkan.

Tentunya kamu akan sangat pusing melunasi kartu kredit apabila nilai tagihan lebih besar dibandingkan kemampuan membayarmu. Karena itu dalam menggunakan kartu kredit, pastikan untuk:

  1. Menetapkan anggaran maksimal transaksi yang bisa kamu bayarkan dengan kartu kredit. Sesuaikan dengan budget dan kemampuan bayarmu ya!
  2. Memiliki cukup uang untuk membayar tagihan tersebut saat jatuh tempo

2. Pastikan Batas Tanggal Pembayaran 

Perhatikan tenggat pembayaran tagihan kartu kreditmu
Perhatikan tenggat pembayaran tagihan kartu kreditmu

Tiap pihak penerbit kartu kredit memiliki batas waktu pembayaran yang berbeda satu sama lain. Batas inilah yang perlu kamu perhatikan.

Pastikan cara melunasi kartu kredit yang kamu lakukan adalah melakukan pembayaran tepat: membayar tagihanmu tiap bulannya sampai lunas dan tidak melewati batas tanggal pembayaran yang sudah ditetapkan.

Melunasi tagihanmu secara tepat waktu sangatlah penting untuk menghindari denda yang akan membebanimu apabila terlambat melakukan pembayaran kepada pihak penerbit. Bunga denda yang diterapkan pihak penerbit kartu kredit atas keterlambatan pembayaran rata-rata memang tidak besar, maksimum 2% per bulan (bunga ini ditetapkan pada tanggal 1 Mei 2020, dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan Bank Indonesia).

Namun bayangkan apabila jumlah tagihanmu cukup besar, tingkat bunga denda yang kecil dapat terakumulasi dan membuat tagihanmu membengkak.

3. Terapkan Pembayaran Otomatis (Autodebit)

Fitur autodebit bisa memudahkanmu dalam melunasi kartu kredit
Fitur autodebit bisa memudahkanmu dalam melunasi kartu kredit

Kalau kamu termasuk orang yang pelupa, salah satu trik agar tepat melakukan cara melunasi kartu kredit adalah menerapkan sistem pembayaran otomatis atau autodebit.

Rata-rata pihak penerbit kartu kredit umumnya sudah memiliki fasilitas ini bagi para pelanggannya. Pembayaran otomatis bisa menghindarimu dari denda yang tidak diinginkan hanya gara-gara terlambat membayar tagihan.

Sistem autodebit atas tagihan kartu kredit ini juga akan membuatmu lebih praktis dan lebih mudah karena dana tunaimu akan langsung ditarik dari rekening untuk pembayaran, tanpa kamu perlu repot pergi ke ATM maupun bank.

4. Hindari Pembayaran Minimum 

https://cdn.pixabay.com/photo/2018/03/12/10/25/money-3219298_960_720.jpg
Sebisa mungkin hindari membayar tagihan bulanan secara minimum

Salah satu fasilitas yang disediakan pihak penerbit adalah cara melunasi kartu kredit tanpa harus membayar seluruh total tagihanmu bulan sebelumnya. Fasilitas ini terlihat menguntungkan, apalagi jika kamu sudah memiliki keterbatasan dana.

Namun baiknya, jangan terbuai dengan fasilitas ini sehingga terus-menerus melakukan pembayaran minimum tiap kali tagihan datang. Ingatlah bahwa dari sisa tagihan yang kamu belum bayarkan, ada bunga yang terus berjalan.

Bunga tersebut akan membuat tagihan kartu kreditmu semakin besar dan lama-lama kian menyulitkan. Jadi apabila kamu mempunyai dana yang cukup, segera lunasi tagihan kartu kreditmu pada saat itu juga. 

5. Jika Terpaksa, Ajukan Restrukturisasi

Restrukturisasi tagihan kartu kredit merupakan cara melunasi kartu kredit yang terlampau besar
Restrukturisasi tagihan kartu kredit merupakan cara melunasi kartu kredit yang terlampau besar

Jika kamu sudah terlanjur memiliki utang kartu kredit dalam jumlah besar, salah satu cara melunasi kartu kredit adalah dengan mengajukan restrukturisasi utang ke pihak penerbit.

Secara umum, restrukturisasi utang adalah usaha perbaikan yang dilakukan bank terhadap kreditur untuk melunasi utangnya.  

Negosiasi dengan bank ataupun pihak penerbit ini amat penting karena apabila tidak dilakukan, utang kartu kreditmu semakin lama akan semakin besar. Semntara itu, jumlah pemasukan dan dana yang kamu miliki untuk membayarnya tetap.

Dengan negosiasi, pihak penerbit bisa memberikan pilihan jalan keluar untuk kamu melunasi utang kartu kreditmu secara perlahan. 

***

Itulah beberapa cara melunasi kartu kredit yang bisa kamu terapkan agar kamu tidak terlilit utang kartu kredit yang berkepanjangan. Jadikan kartu kredit sebagai alat bayar (bukan media untuk mengutang). Bertransaksilah sesuai kemampuan finansial yang kamu miliki, dengan selalu membayar tagihanmu secara penuh dan tepat waktu. Jika kita bijak dalam menggunakan kartu kredit, kartu kredit juga dapat memberikan banyak manfaat, kok. Selamat bertransaksi dengan bijak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *