7 Tips Menjadi Freelancer untuk Pemula

Di zaman yang penuh kesempatan ini, terdapat berbagai jenis pekerjaan yang dapat dilakukan, salah satunya adalah pekerja lepas (freelance). Menjadi freelancer menjadi salah satu profesi yang banyak ditekuni orang-orang karena fleksibilitas waktu dan tempat.

Jenis pekerjaan ini cocok untuk kamu yang ingin bekerja di rumah tanpa terikat jam kantor ataupun aturan perusahaan lainnya. Jika kamu memiliki pekerjaan utama namun ingin mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga bisa menjadi seorang freelance di waktu luangmu.

Tapi, menjadi freelancer tidak semudah yang dibayangkan, lho. Simak tips menjadi freelancer berikut bagi kamu yang ingin memulai menjadi freelancer.

man sitting on sofa while using laptop
Seorang freelancer bisa bekerja di rumah

1. Pilih Bidang Sesuai Minat dan Keahlianmu

Ketika memutuskan masuk ke dunia freelance, kamu bisa menawarkan berbagai macam jasa kepada klien. Ada berbagai bidang yang bisa kamu kerjakan secara freelance seperti data entry, web development, desain grafis, penulis konten dan masih banyak bidang lainnya.

Jika kamu ingin mulai bekerja sebagai freelancer, pilihlah bidang yang kamu sukai dan sesuai dengan keahlianmu. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas hasil pekerjaanmu. 

Semakin kamu menguasai bidang yang kamu pilih, maka semakin baik hasil pekerjaan yang akan kamu berikan pada klien. Kualitas pekerjaan yang baik tentunya akan memuaskan klien dan menarik klien untuk menggunakan jasamu lagi. Selain itu, bidang yang kamu sukai akan membuat pekerjaanmu terasa lebih ringan untuk dikerjakan.

2. Siapkan Portofolio Terbaikmu

Untuk menjadi seorang freelancer, kamu perlu menyiapkan portofolio terbaikmu untuk menarik minat calon klien untuk menunjukkan kemampuanmu. Portofolio dalam bidang manajemen, strategi dan pemasaran dapat diartikan sebagai sekumpulan produk, layanan jasa atau proyek yang akan ditawarkan pada klien.

Kamu bisa membuat produk atau menunjukkan hasil kerjamu sebagai portofolio. Nantinya portofoliomu akan jadi bahan pertimbangan klien dalam mengambil keputusan apakah akan menggunakan jasamu atau tidak.

3. Buatlah Penawaran Menarik

Tips menjadi freelancer yang ketiga yaitu kamu harus bisa membuat penawaran yang menarik. Hal ini bertujuan agar klien tertarik untuk menggunakan jasamu. 

Kamu bisa menawarkan jasa dengan harga yang bersaing. Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan keunggulan apa saja yang menjadikanmu layak dipilih untuk mengerjakan proyek ini.

4. Manfaatkan Situs Marketplace Freelancer Terpercaya

Jika kamu baru memulai bekerja sebagai seorang freelancer, tidak ada salahnya jika kamu mencoba situs marketplace freelancer, contohnya Projects.co.id, Sribulancer, Upwork, dll. 

Situs ini berfungsi sebagai wadah untuk mempertemukan freelancer dengan klien. Di sini kamu bisa mencari berbagai macam job yang sesuai dengan minat dan keahlianmu.

5. Jalin Relasi Baik dengan Klien

two men facing each other while shake hands and smiling
Jalinlah relasi baik dengan klien

Setiap pekerjaan tentunya menuntut kita untuk menjalin relasi baik dengan orang lain. Jika kamu bekerja sebagai freelancer, kamu perlu menjalin relasi baik dengan klien. 

Hal ini agar dapat menumbuhkan kenyamanan dan kepercayaan klien terhadap kerja sama yang dilakukan. Selain itu, relasi yang baik juga akan membuat pekerjaan kamu semakin lancar.

Membangun relasi baik dapat dilakukan dengan menjalin komunikasi yang baik, menggunakan bahasa yang baik dan benar serta menunjukkan attitude yang baik. Biasanya jika kita dapat membangun relasi yang baik dengan klien, ia akan mempercayakan lagi pekerjaan selanjutnya kepada kita.

6. Atur Waktu dengan Baik

white printer paper on laptop
Buatlah agenda agar bisa memanajemen waktu dengan baik

Tips menjadi freelancer selanjutnya adalah tentang manajemen waktu. Kenapa? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bekerja menjadi seorang freelancer tidak terikat waktu dan tempat. 

Pekerjaan ini bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun. Tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Karena tidak adanya jam kantor, kamu harus bisa menyesuaikan sendiri jadwalmu bekerja dengan kegiatan lainnya. Sebaiknya kamu sisihkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan. Hal ini bertujuan agar pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan klien.

7. Buat Perjanjian dengan Klien Sebelum Mengerjakan Proyek

Hal penting yang perlu kamu perhatikan selanjutnya yaitu perjanjian. Sebelum mulai mengerjakan proyek, kamu harus membuat perjanjian terlebih dahulu dengan klien. 

Biasanya isi perjanjian berupa detail pekerjaan, tenggat waktu pengerjaan dan bayaran yang akan kamu terima dari klien. Jika sudah ada kesepakatan, pastikan kamu mengerjakan pekerjaan sesuai dengan permintaan klien agar tidak mengecewakan.


Itulah tips menjadi freelancer dari Hemat Pangkal Kaya yang bisa kamu coba untuk memulai karirmu sebagai seorang freelancer. Memulai sesuatu yang baru tentunya butuh kerja keras dan kesabaran. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *