7 Langkah Simpel Mengurangi Pengeluaran Saat Corona Mewabah

Munculnya pandemi corona bukan cuma membawa kekhawatiran dalam bidang kesehatan, tetapi juga dalam hal keuangan.

Dalam kondisi krisis keuangan seperti sekarang, skill untuk mengelola keuangan sangatlah penting. Jangan sampai kita tidak bisa memenuhi kebutuhan ditengah kondisi sulit sekarang ini.

Tips berikut akan membantu kamu untuk bisa mengurangi pengeluaran saat Corona mewabah tanpa membuat kamu merasa terbebani. Apa saja ya?

1. Kurangi jajan

Ayo, siapa yang selama work from home kerjaannya nonton film sambil ngemil cantik? 

Makanan, minuman, dan suplemen kesehatan merupakan kebutuhan yang paling banyak memakan anggaran rumah tangga selama pandemi corona terjadi.

Karena itu, perlu dilakukan pengawasan yang lebih pada kebutuhan yang satu ini. Untuk mengurangi pengeluaran saat Corona mewabah, pastikan kamu menggunakan anggaran biaya pangan dengan bijak.

Solusi yang paling sederhana mengatasi kebutuhan perut adalah belajar memasak.

Sekarang ini, ada banyak situs dan aplikasi yang menawarkan resep aneka masakan yang mudah untuk kamu ikuti, misalnya Cookpad. Selain irit, skill masak kamu juga makin terasah pastinya.

2. Jangan panic buying

Di awal merebaknya virus Corona, harga beberapa kebutuhan harian naik dengan sangat signifikan. Hand sanitizer, masker, dan bumbu dapur seperti kunyit dan jahe menjadi primadona yang sangat mahal dan langka ditemukan.

Untuk mengurangi pengeluaran saat Corona masih mewabah, yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan pokok secara wajar. Tidak perlu ketakutan yang berlebihan, asalkan kamu rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, rajin membersihkan diri setiap hari terutama setelah bepergian, niscaya kebersihanmu akan tetap terjaga.

Dengan melakukan panic buying secara masif, anggaran yang seharusnya bisa disimpan untuk kebutuhan darurat akan berkurang. Jangan sampai, uang yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sudah terpakai habis karena kepanikan.

3. Jangan mudah terpancing diskon

Masih soal berbelanja, kemudahan membeli kebutuhan secara online memang seperti pedang bermata dua. Salah memanfaatkan, besar kerugiannya.

Banyaknya potongan harga yang diberikan oleh e-commerce tidak bisa kamu jadikan alasan untuk berbelanja secara berlebihan dalam keadaan seperti sekarang ini. Lebih baik kamu sisihkan uangnya untuk dana darurat, mengingat kita tidak bisa memprediksi kapan keadaan ekonomi akan membaik.

4. Hubungi penyedia kartu kredit

Jika kamu sering tergoda untuk memakai kartu kredit, salah satu cara mengurangi pengeluaran saat Corona adalah dengan menangguhkan kartu kredit yang kamu miliki. Sesegera mungkin, hubungilah penyedia kartu kredit kamu untuk menutup layanannya sehingga memperkecil peluang kamu berhutang saat lapar mata, ataupun mengurangi beban membayar biaya administrasinya.

Untuk kamu yang masih punya cicilan dan memang tidak memungkinkan menutup kartu kredit, jangan  khawatir. Biasanya penyedia kartu memiliki program khusus dalam masa sulit, seperti perpanjangan periode untuk pembayaran cicilan. Kamu bisa menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi tersebut secara rinci.

5. Kurangi Pembayaran Autodebit

Kalau kamu termasuk orang yang memiliki pengeluaran yang dibayar secara otomatis melalui debit tabungan, ada baiknya kamu mulai memperhatikan tiap transaksi tersebut untuk meminimalisir pengeluaran.

Ada banyak kejadian dimana tanpa sadar kita masih membayar secara autodebet suatu layanan atau aplikasi, padahal tidak menggunakannya lagi. Jadi, pastikan kamu mengecek semua pembayaran secara otomatis tersebut, jangan sampai ada pengeluaran yang justru sia-sia.

6. Isi waktu dengan kegiatan tanpa pengeluaran

Dalam kondisi dimana kita diharuskan diam di rumah seperti sekarang, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Beres-beres rumah, baca koleksi buku, atau mungkin belajar main musik sendiri adalah contoh aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan biaya. Selain lebih produktif, kamu juga mengurangi pengeluaran saat Corona dengan lebih positif dan bermanfaat.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan bersama keluarga yang jarang bisa dilakukan sebelumnya, seperti main gameboard, olahraga bareng, atau sekedar ngobrol di ruang tamu. Selain mempererat hubungan dalam keluarga, kegiatan ini juga membuat kamu tidak terus menerus bergantung sama ponsel dan internet. Irit kuota juga deh.

7. Bayar tagihan di awal

Untuk bisa mengatur penghasilan kamu dengan efektif, pastikan kamu lebih dulu membayar tagihan tepat setelah kamu menerima gaji. Tujuannya adalah agar tidak terjadi penumpukan hutang yang malah membuat hidup semakin berat kedepannya.

Biaya seperti pendidikan anak, biaya kontrak rumah, dan iuran BPJS adalah jenis tagihan yang tidak mungkin kamu tangguhkan. Karena itu, jangan sampai kamu tidak mampu melunasinya karena kebutuhan sekunder yang didahulukan.

Dengan membayar tagihan di awal, kamu bisa mengatur sisa uang kamu dengan lebih akurat. Bila kamu mengalami kesulitan atau penurunan pendapatan, segera hubungi penyedia layanan yang kamu gunakan berkala tersebut untuk meminta keringanan atau opsi penangguhan pembayaran.

Itulah 7 langkah simpel mengurangi pengeluaran saat wabah Corona. Semoga tips ini bermanfaat, ya! Semangat selalu, kita semua pasti bisa melewati masa-masa sulit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *