6 Platform Kursus Online Gratis Untuk Menambah Skill Selama Masa Karantina

Di tengah karantina mandiri wabah Corona yang sudah kita lakukan selama dua bulan terakhir, perasaan bosan pasti menghampiri sebab rutinitas berubah, interaksi sosial pun berkurang.

Nah, di saat sulit ini, penting bagi kita untuk tetap di rumah namun tetap produktif. Salah satu alternatif yang bisa kamu pertimbangkan adalah mendaftar kursus online gratis untuk menambah skill baru atau meningkatkan skill yang kamu miliki.

Untuk kamu yang tetap ingin produktif saat masa karantina dengan ikut kursus online, yuk cek 6 daftar penyedia kursus online gratis untuk menambah skill!

1. Coursera

Kursus online gratis juga bukan hanya bisa meningkatkan skill-mu, namun juga bisa menghilangkan jenuh selama karantina saat pandemi

Coursera menjadi salah satu penyedia layanan kursus online gratis yang sudah cukup terkenal. Coursera sendiri merupakan salah satu perusahaan teknologi pendidikan yang berasal dari Amerika Utara yang didirikan oleh profesor Ilmu Komputer Andrew Ng dan Daphne Koller.

Coursera menyediakan berbagai kursus online dari berbagai bidang dan minat. Ada ratusan pelajaran yang ditawarkan dan bisa kamu pilih untuk meningkatkan skill-mu. 

Salah satu kelebihan Coursera sebagai platform kursus online adalah penerbitan sertifikat online. Sayangnya, sertifikat online ini hanya tersedia jika kamu mengikuti program premium. Sertifikat kursus ini bisa berguna untuk meng-upgrade CV-mu.

2. edX

edX merupakan platform pembelajaran berbasis online yang didirikan pada tahun 2012 oleh beberapa ilmuwan dari Harvard dan Massachusetts Institute of Technology.

edX menyediakan berbagai materi kursus online gratis untuk meningkatkan skill para siswa. edX menyediakan berbagai materi, seperti teknologi, hukum, arsitektur, sampai pelatihan dan contoh soal untuk menghadapi ujian TOEFL. 

Satu tahun setelah didirikan, edX langsung memiliki lebih dari satu juta pengguna. Kepopuleran edX disebabkan oleh kemudahan akses dan penggunaan platform tersebut. Akses halaman yang cepat, ditambah desain web yang sederhana tanpa popup yang mengganggu menjadi poin lebih dari edX. 

Tak hanya itu saja, menu-menu yang ada pada tampilan website edX juga sangat mudah untuk ditemukan, sehingga para pengguna tak akan kesulitan dalam melakukan registrasi maupun memilih program kursus online yang diinginkan. 

3. Udemy

Udemy menjadi salah satu pilihan alternatif jika kamu tengah mencari kursus online yang dapat menambah skill-mu di berbagai bidang. Pasalnya, Udemy menyediakan sekitar 100.000 kursus online yang bisa dicoba.

Sama seperti Coursera, Udemy merupakan platform pembelajaran online Amerika yang ditujukan untuk orang dewasa dan siswa profesional, dikembangkan pada Mei 2010. Pada Januari 2020, platform ini sudah memiliki lebih dari 50 juta siswa dan 57.000 instruktur yang mengajar kursus dengan lebih dari 65 bahasa berbeda.

Materi dari kursus online dari Udemy sangat bervariasi, dari mulai pengembangan diri, kepercayaan diri, kepemimpinan hingga digital marketing dan bahkan cara merawat hewan peliharaan.

Selain menyediakan materi pengembangan diri, Udemy juga menyediakan berbagai materi akademis, seperti bahasa, sains, matematika dan bahkan teknologi. 

Ada hal yang menarik dari Udemy, pasalnya platform ini ternyata menyediakan juga kesempatan untukmu mengajar dan memberikan kursus online. Tentunya hal tersebut bisa diberikan jika kamu sudah ahli di beberapa bidang.

3. Codeacademy

Tingkatkan skill bahasa pemrogramanmu dengan mengikuti kursus online gratis di Codeacademy

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi, tak heran banyak kursus online yang menyediakan layanan pembelajaran teknologi. Salah satu materi kursus online gratis yang banyak diminati adalah kursus bahasa pemrograman.

Codeacademy menjadi salah satu platform online gratis yang menyediakan layanan kelas pengkodean dalam 12 bahasa pemrograman, seperti Python, Java, Javascript, Ruby, SQL, C++. Swift, dan Sass, serta bahasa markup HTML dan CSS. 

Codeacademy menyediakan layanan kursus online gratis untuk meningkatkan skill bahasa bahasa pemrograman perangkat lunak dan desain web. Ada beberapa kelebihan dari platform Codeacademy, di antaranya kamu bisa memilih program kursus yang ingin dipelajari. Adanya sistem koreksi secara otomatis dapat memudahkanmu dalam mendalami dan mempraktikkan materi yang sudah dipelajari. 

Tak hanya itu saja, Codeacademy juga menyediakan layanan kuis pada program kursus online mereka. Layanan kuis tersebut bertujuan untuk menguji kemampuanmu setelah mempelajari materi yang sudah diberikan.

5. Duolingo

Selain kemampuan teknologi dan soft skill, skill berbahasa asing juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. 

Untuk kamu yang ingin meningkatkan skill berbahasa asingmu, bisa mengikuti kursus online gratis yang disediakan oleh Duolingo. Duolingo merupakan platform kursus online gratis yang dapat menambah skill berbahasamu. 

Platform ini menyediakan puluhan macam bahasa asing yang bisa dipelajari sesuai keinginan, termasuk diantaranya bahasa Klingon dan High Valyrian. Platform ini didirikan pada tahun 2012 oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker. 

Sesuai dengan tagline yang dimiliki, “Learn a language for free forever,” Duolingo tidak memungut biaya sepeserpun saat kamu mempelajari semua materi yang disediakan, tetapi Duolingo juga menyediakan layanan premium yang dikenakan biaya. 

Selain melalui platform atau situs online, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Duolingo di Android dan iOS. Saat ini, tercatat ada sekitar 200 juta pengguna yang sudah terdaftar dalam kursus online gratis di Duolingo. 

Hal tersebut menjadikan Duolingo sebagai salah satu platform kursus online paling populer untuk belajar bahasa di dunia. 

6. Skillshare

Industri kreatif masih menjadi salah satu industri yang banyak diminati di kalangan anak muda. Tak heran, banyak anak muda yang mulai mempelajari bidang industri kreatif. 

Skillshare bisa dipilih sebagai platform penyedia kursus online gratis untuk menambah skill-mu di bidang industri kreatif. Skillshare sendiri merupakan platform pembelajaran online Amerika untuk orang-orang yang ingin belajar materi khusus di bidang kreatif seperti desain, teknologi, fotografi, film, menulis, kerajinan tangan, dan banyak materi lainnya. 

Kamu bisa menikmati akses pelatihan melalui Skillshare secara gratis selama dua bulan penuh. 

Itu dia 6 daftar penyedia layanan kursus online gratis untuk menambah skill selama masa karantina. Dengan banyaknya materi yang disediakan berbagai platform tersebut, semoga kamu bisa terus belajar, baik skill baru atau meningkatkan skill yang sudah ada. Tetap semangat dan selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *