5 Tips Ampuh untuk Meningkatkan Skor Kredit

Apakah kamu berencana melakukan pinjaman kepada lembaga keuangan atau bank dalam waktu dekat? Jika ya, maka selain dokumen kelengkapan yang diperlukan, kamu juga perlu memperhatikan skor kredit kamu.

Secara sederhana, skor kredit adalah indikator kelayakan kamu sebagai peminjam.

Tanpa kamu sadari, sebenarnya kamu sudah memiliki skor kredit apabila kamu memiliki rekening bank, bertransaksi dengan kartu kredit, ataupun menggunakan program pinjaman seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan kredit serupa lainnya.

Skor kredit ini patut kamu perhatikan karena akan mempengaruhi banyak hal yang berkaitan dengan proses peminjaman kamu. Besarnya batasan pinjaman, bunga pinjaman, dan kemudahan proses peminjaman dipengaruhi oleh skor kredit. Skor kredit kamu dapat disebut aman apabila berada di atas 720.

Bagaimana jika skor kredit kamu berada di bawah 720 dan kamu ingin melakukan peminjaman selanjutnya? Jangan khawatir. Kamu dapat meningkatkan skor kredit tersebut dengan berbagai macam cara. Penasaran? Yuk, simak 6 tips di bawah ini:

1. Periksa dan Perbaiki Kesalahan Data

Salah satu cara untuk meningkatkan skor kredit adalah memastikan ketepatan data pribadi
Salah satu cara untuk meningkatkan skor kredit adalah memastikan ketepatan data pribadi

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skor kredit adalah memeriksa data laporan kredit. Periksa semua data yang berkaitan, seperti penulisan data pribadi, alamat serta nomor rekening, dan data-data penting lainnya.

Jika kamu menemukan kesalahan, laporkan kesalahan tersebut kepada pemberi pinjaman (lembaga keuangan atau bank). Pelaporan kesalahan sebaiknya dilakukan dengan segera dan jangan ditunda. Sebagai langkah preventif, kamu dapat melakukan pemeriksaan secara berkala, misalnya setiap tiga atau enam bulan sekali.

2. Hentikan Pembuatan Kartu Kredit Baru

Saat skor kredit rendah, jangan buat kartu kredit baru karena termakan promo atau fasilitas yang sebenarnya kamu tidak butuh. Semakin banyak kartu kredit yang kamu punya akan membuat kamu lebih sulit untuk mengontrol diri.

Menurut situs Bank Indonesia, untuk kamu yang memiliki penghasilan 3-10 juta, jumlah kartu kredit yang boleh kamu miliki adalah maksimal 2 penerbit, sedangkan untuk penghasilan di atas 10 juta, tidak ada larangan jumlah kartu kredit. Namun, berdasarkan sebuah artikel di situs julo.co.id, sangat disarankan untuk tidak memiliki kartu kredit lebih dari 4 penerbit.

3. Pergunakan Kartu Kredit yang Ada Dengan Bijak

Gunakan kartu kreditmu dengan bijak
Gunakan kartu kreditmu dengan bijak

Untuk meningkatkan skor kredit, gunakan kartu kredit yang sudah ada dengan hati-hati dan penuh perhitungan.

Bedakan pembelian yang sifatnya kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pembelian kebutuhan sekunder atau tersier bukannya dilarang sama sekali, tapi ada baiknya bahwa kamu menerapkan batasan-batasan tertentu.

Selain itu, usahakan juga untuk hanya menggunakan 30-50% dari limit kartu kredit kamu. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir risiko gagal bayar kredit kamu saat waktu pembayaran tiba.

4. Bayar Tagihan Secara Tepat Waktu

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skor kredit adalah dengan membayar tagihan kredit secara tepat waktu. Keterlambatan pembayaran tagihan mengakibatkan terjadinya penunggakan yang akan menurunkan skor kreditmu.

Jika kamu pelupa, ada baiknya kamu membuat catatan atau reminder. Dapat berupa catatan di kertas atau menggunakan aplikasi di smartphone. Kamu juga bisa meminta bantuan orang-orang terdekatmu untuk mengingatkanmu mengenai pembayaran tagihan.

Cara lain yang efektif untuk memastikan kamu membayar tagihanmu tepat waktu adalah menyesuaikan tanggal tagihan kredit. Buatlah persetujuan dengan bank atau lembaga keuangan mengenai tanggal pembayaran tagihan. Dengan menyesuaikan tanggal tagihan kredit, memonitor keuanganmu sendiri menjadi lebih mudah. Tak hanya itu, kamu juga menghemat waktu karena seluruh pembayaran dilakukan pada satu waktu yang sama.

5. Buat Perencanaan Keuangan Bulanan yang Matang

Kamu juga bisa meningkatkan skor kredit dengan membuat perencanaan keuangan bulanan yang matang, lho. Perencanaan keuangan ini bertujuan untuk mengontrol pengeluaranmu agar tidak lebih besar dari penghasilan, sehingga keperluanmu untuk meminjam dapat difokuskan untuk hal yang memang benar-benar perlu, seperti misalnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Untuk mengontrol pengeluaran, lakukan evaluasi pengeluaran secara berkala. Evaluasi ini penting untuk dilakukan agar perencanaan keuangan yang lebih baik untuk bulan depannya. Pencatatan keuangan dapat dilakukan secara manual (menulis di buku catatan) atau juga dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang tersedia di smartphone.


Itulah kelima tips untuk meningkatkan skor kredit. Apabila skor kredit kamu sekarang masih rendah dan kamu berencana untuk melakukan pinjaman, yuk coba mulai perbaiki dengan mengikuti kelima tips di atas. Selamat mencoba dan sukses selalu!

22 years old. Indonesian. Interested in personal development and money-related topics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *