5 Tips Cari Kerja Selama Wabah Corona Melanda

Di tengah hiruk pikuk pandemi sekarang, kondisi perekonomian negara, industri, perusahaan, maupun individu terpengaruh secara negatif.

Dengan banyaknya tempat-tempat umum, hiburan, dan perkantoran yang ditutup, pemasukan perusahaan maupun individu berkurang drastis. Namun, ada tagihan yang harus tetap dibayar tiap bulannya.

Untuk bertahan hidup, mungkin kamu ingin mencari kerja untuk menambah pemasukan untuk membiayai kehidupanmu.

Nah, berikut ini ada tips dari Hemat Pangkal Kaya untuk kamu yang ingin cari kerja selama wabah Corona. Disimak ya!

1. Tanyakan Kesempatan Kerja di Lingkungan Rumahmu

Coba ketuk pintu sebelah rumahmu dan tanyakan apakah ada yang bisa kamu bantu

Di masa sekarang, coba kerucutkan pandanganmu dari tempat yang paling dekat denganmu yakni lingkungan tempat tinggalmu.

Cari kerja salama wabah Corona ini mungkin bisa dibilang cukup sulit terlebih dengan adanya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Nasional (PSBB) yang mulai diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Jabodetabek, Kota Banjarmasin, Kota Tarakan, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Sumatra Barat, Kota Makassar, Kota Pekanbaru, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan Kota Tegal.

Meskipun demikian, kamu bisa membantu tetangga sekitarmu dengan menjual jasa pembelian barang atau berbelanja kebutuhan pokok untuk menambah pendapatanmu. Apapun kegiatanmu, tetap ikuti peraturan PSBB yang berlaku ya!

2. Kunjungi Portal Kerja Online

Bekerja secara remote dari tempat tinggalmu bisa jadi salah satu alternatif di saat pandemi

Cara lain untuk cari kerja selama wabah Corona ini juga bisa kamu lakukan dengan mengunjungi portal-portal kerja online yang biasa menyediakan tawaran pekerjaan secara remote

Kamu punya keahlian coding? Ada banyak proyek membuat aplikasi yang bisa kamu temukan dengan mudah di portal-portal kerja online.

Atau kamu pandai membuat desain visual? Mungkin kamu bisa mencoba untuk mencari kata kunci ini dalam portal-portal kerja online.

Jika kamu punya hobi menulis, kamu bisa mulai mencoba mengajukan diri untuk menulis artikel pada blog atau website. Untuk kalian yang bisa bahasa asing juga perlu mencoba peruntungan dengan bekerja sebagai translator.

Berbagai kesempatan ini dapat kamu cari di portal kerja online dalam negeri seperti Sribulancer dan Projects.co.id. Jika kamu tertarik, kamu juga bisa mencoba beberapa situs portal kerja online dari luar negeri seperti Upwork, We Work Remotely, dan Outsourcely. Portal kerja online ini akan sangat membantumu jika kamu sedang cari kerja selama wabah Corona.

3. Salurkan Hobi Agar Bisa Menghasilkan Uang

Kreasikan dan aktifkan imajinasimu, buat karya-karya yang membuatmu bahagia

Ingin melakukan hobi dengan fokus di masa karantina ini?

Mungkin hal tersebut bisa jadi salah satu cara cari kerja selama wabah Corona ini. Salurkan hobi-hobi kreatifmu dan jangan ragu untuk berkreasi!

Kamu punya hobi menyulam? Ayo mulai ambil benang dan jarum jahitmu dan mulai membuat karya sulamanmu sekarang.

Atau kamu punya hobi menggambar? Kamu bisa lho menawarkan jasa gambarmu pada teman-teman atau keluargamu saat ini untuk mendapatkan tambahan pemasukan.

Bisa jadi menulis adalah hobi yang kamu punya? Nah, bagaimana kalau kamu menggunakan kesempatan ini untuk melanjutkan proyek menulismu yang tertunda dan perlahan menyelesaikannya agar bisa segera ditawarkan ke penerbit-penerbit ternama? 

Di masa seperti ini, penting untuk kita tetap berkreasi agar tidak penat dengan rutinitas sehari-hari yang monoton. Buat karya-karyamu sebagus mungkin dan bisa saja jika ada yang tertarik untuk membeli kamu bisa menjual hasil karyamu untuk mendapatkan keuntungan.

Kapan lagi bisa berlatih dan melakukan kegiatan favoritmu sambil menghasilkan uang?

4. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial kini bisa menjadi alternatif sumber penghasilan

Kamu termasuk orang yang justru jadi semakin sering berselancar di media sosial selama masa karantina ini?

Nah, ini juga bisa jadi kesempatanmu untuk cari kerja selama wabah Corona, lho! 

Melalui media sosial kamu bisa ikut menjadi pembuat konten-konten seperti Instagram atau bahkan Youtube. Jika beruntung, konten-konten unggahanmu bisa saja jadi viral dan diketahui banyak orang.

Di Youtube misalnya, kamu bisa pasang pengaturan iklan pada video-video milikmu dan mendapatkan pemasukan lho dari sini!

5. Berjualan Makanan Online

Punya masakan andalan keluarga yang lezat bisa jadi salah satu sumber penghasilan tambahan di masa sekarang

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk cari kerja selama wabah Corona ini adalah dengan mulai berjualan makanan secara online.

Dengan meningkatnya aktivitas orang di dalam rumah, mulai meningkat pula penjualan makanan siap saji yang bisa kamu beli dan nikmati sendiri atau bersama keluarga. 

Nah, daripada hanya berperan sebagai pembeli, bagaimana jika kamu ikut berjualan makanan online ini? Untuk kamu yang hobi memasak pasti akan cocok dengan ide ini.

Tapi jangan berkecil hati untuk kalian yang mungkin tidak begitu mahir dalam memasak, coba ajak keluargamu untuk turut membantu. Siapa tau, ibu atau nenek di rumah ada yang masakan rumahannya lezat sekali dan menurutmu wajib untuk dicicipi oleh banyak orang!

Itulah 5 tips cari kerja selama wabah Corona yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk dilakukan. Tetap bersabar ya, dan tinggal di rumah sampai pandemi ini berlalu. Semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *