Inilah 5 Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2020 di Dunia Pekerjaan

Terlepas dari bidang yang ditekuni, setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan dalam pekerjaannya. Mengejar kesuksesan karier merupakan hal yang wajar, sebab seiring dengan perkembangan karier, pendapatan juga meningkat.

Dengan mengejar tingkat karier tertentu, seseorang dapat meningkatkan taraf hidup hidupnya. Karena itu, umumnya, kemapanan finansial dapat dicapai dengan menjadi seseorang yang kompeten di bidang pekerjaan yang ia geluti. 

Nah, agar menjadi seorang yang kompeten dalam suatu bidang, kita perlu senantiasa mempelajari pengetahuan atau skill yang baru. Di era yang serba cepat ini, tak hanya kemampuan teknis, kita juga perlu mengasah berbagai skill lainnya untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. 

Bayangkan saja, skill yang dibutuhkan di tahun 2015 ternyata tidak sama dengan skill yang dibutuhkan di tahun 2020, seperti yang dilansir Future of Jobs Report, World Economic Forum.

Berdasarkan laporan tersebut, terdapat perubahan yang cukup mencengangkan. Mayoritas dari skill yang dibutuhkan di tahun 2020 adalah soft skills, yang merupakan atribut pribadi yang dapat memengaruhi hubungan, komunikasi, dan interaksi dengan orang lain.

Perbandingan skill yang dibutuhkan di tahun 2015 dan 2020
Perbandingan skill yang dibutuhkan di tahun 2015 dan 2020

Apa saja lima soft skills yang paling dibutuhkan di tahun 2020? Simak pembahasannya lebih lanjut.

1. Complex Problem Solving

Complex problem solving adalah kemampuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah yang rumit secara efektif dan efisien. Masalah rumit yang dimaksud adalah masalah yang bukan dapat diselesaikan dengan satu atau dua tindakan saja, melainkan masalah yang memerlukan serangkaian proses berpikir untuk menyelesaikannya. 

Menurut situs The Balance Career, terdapat lima langkah penyelesaian, secara berurutan yaitu:

1. Identifikasi sumber masalah dan pengumpulan data yang diperlukan,

2. Perumusan beberapa alternatif penyelesaian,

3. Pemilihan solusi terbaik,

4. Eksekusi solusi, dan

5. Evaluasi keefektifan solusi. 

Complex problem solving menempati urutan pertama dalam skill yang dibutuhkan di tahun 2020 karena masalah-masalah yang muncul ke depan akan semakin bervariasi.

Bahkan, sering kali solusi yang sama tidak dapat dipakai pada masalah yang sama. Dengan implementasi kelima langkah di atas, maka permasalahan apa pun akan dapat diselesaikan.

2. Critical Thinking 

Critical thinking atau berpikir kritis adalah kemampuan yang dimiliki untuk dapat berpikir secara rasional dan jernih terhadap suatu hal yang harus dilakukan atau dipercaya. 

Seseorang yang memiliki keterampilan critical thinking yang baik akan mampu untuk mengemukakan argumen yang masuk akal dan dapat diterima oleh orang lain, meskipun orang tersebut belum tentu setuju dengan argumen yang bersangkutan. 

Critical thinking seringkali dikaitkan dengan kemampuan mengumpulkan informasi. Meskipun ada keterkaitannya, namun critical thinking tidak sama dengan mengumpulkan informasi. 

Seseorang yang memiliki kemampuan menghafal dengan baik dapat mengetahui banyak informasi, tetapi orang tersebut belum tentu mampu berpikir kritis. Seseorang yang mampu berpikir kritis dapat memanfaatkan informasi yang diketahui dengan baik.

Critical thinking sebenarnya berhubungan dengan poin sebelumnya, karena untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, salah satu caranya adalah sering menghadapi masalah yang rumit. 

3. Creativity 

Creativity atau kreativitas adalah skill yang dibutuhkan di pekerjaan manapun
Creativity atau kreativitas adalah skill yang dibutuhkan di pekerjaan manapun

Creativity atau kreativitas adalah kemampuan untuk menemukan suatu ide atau gagasan yang baru, berbeda, dan menarik. 

Satu hal yang menarik adalah creativity berbeda dengan dua skill sebelumnya (complex problem solving dan critical thinking), di mana keduanya menempati peringkat lima besar pada tahun 2015. Creativity menempati urutan ke-3 dalam skill yang dibutuhkan di tahun 2020 setelah hanya menempati urutan ke-10 pada lima tahun sebelumnya. 

Ada alasan dibalik terjadinya hal tersebut, yaitu perkembangan dunia pada segala sisi yang semakin cepat. Secara kasar, perkembangan dunia dari tahun 1000 hingga 1500 mungkin sama dengan perkembangan dunia di tahun 2010 hingga 2015 dan ke depannya akan semakin cepat lagi. 

Karena perubahan yang begitu cepat, sudah pasti creativity diperlukan dan berperan untuk menciptakan inovasi baru sehingga terus bersaing dengan kompetitor. 

4. People Management 

People management adalah salah satu soft skill yang sangat penting dalam era ini
People management adalah salah satu soft skill yang sangat penting dalam era ini

People management adalah kemampuan untuk memaksimalkan produktivitas karyawan. Skill ini sangat penting mengingat sering kita temui bahwa banyak karyawan yang merasa tidak produktif saat bekerja. 

Meskipun mungkin tidak produktifnya karyawan disebabkan oleh hal-hal yang tidak berhubungan dengan people management, tetapi ini penting untuk dipelajari dan diterapkan, terutama untuk kamu yang bekerja di posisi yang memiliki bawahan. 

Cakupan people management ini sangat luas, sehingga sebenarnya dapat dibagi lagi menjadi beberapa sub-skills. Menurut Ekrut Media, terdapat delapan sub-skills, yaitu: komunikasi, empati, training, delegasi, reward dan pengakuan, kesabaran, fleksibilitas, dan leadership.

Di masa yang akan datang, mungkin beberapa posisi pekerjaan yang ada sekarang akan digantikan perannya oleh teknologi dan hanya menyisakan pekerjaan yang benar-benar hanya bisa dilakukan oleh manusia. 

Hal tersebut membuat people management ini tidak hanya merupakan skill yang dibutuhkan di tahun 2020, melainkan juga di masa yang akan datang. 

5. Coordinating with Others

Coordinating with others adalah kemampuan untuk dapat bekerja sama dan berkoordinasi dengan orang lain. Dalam berkoordinasi dengan orang lain, diperlukan kemampuan komunikasi yang baik, yaitu cara kita menyampaikan hal yang kita ingin sampaikan dan memahami hal yang orang lain sampaikan. 

Tidak jarang bahwa dalam menerapkannya, sering kali terjadi salah komunikasi antara kedua belah pihak, sehingga kemampuan ini perlu untuk sering dilatih.  

Coordinating with others mengalami penurunan dalam skill yang dibutuhkan di tahun 2020, menempati urutan ke-5 setelah menempati urutan ke-2 pada lima tahun sebelumnya. 

Hal ini disebabkan karena di tahun ini sudah ada beberapa pekerjaan di tahun ini yang digantikan oleh teknologi sehingga interaksi kita dengan orang lain jumlahnya menurun.

Coodinating with others sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Skill ini merupakan salah satu sub-skills dari people management dan memerlukan sub-skill lainnya berupa komunikasi, empati, dan kesabaran.

***

Itulah 5 skill yang dibutuhkan di tahun 2020. Skill apa saja yang sudah kamu miliki? Skill mana yang masih perlu kamu kembangkan? Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mengevaluasi diri dan mengembangkan diri, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *