5 Rekomendasi Buku Keuangan Pribadi untuk Menemanimu di Rumah

Di momen seperti sekarang ini, berdiam diri di rumah bisa menjadi hal yang membosankan. Untuk menghabiskan waktu selama menjalani karantina, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membaca buku.

Tentu saja ada beragam pilihan buku dengan berbagai topik yang menarik untuk diikuti. Tapi di tengah pandemi seperti sekarang ini, persoalan finansial menjadi hangat untuk diperbincangkan di berbagai kalangan.

Paham mengenai cara mengatur keuangan pribadi merupakan hal yang seharusnya bisa dikuasai oleh semua orang. Sayangnya, jika tanpa arahan, akan sulit bagi kita untuk mengerti bagaimana cara mengatur uang yang kita miliki secara efesien. Salah satu cara untuk mempelajari manajemen keuangan pribadi adalah dengan membaca buku tentang keuangan pribadi.

Untuk kamu yang ingin meningkatkan pengetahuanmu tentang manajemen keuangan pribadi, mulai dari cara mengatur tujuan keuangan, cara menabung yang baik, hingga membangun portofolio investasi, kamu bisa mulai membaca lima rekomendasi buku keuangan pribadi berikut.

1. ‘The Simple Path to Wealth: Your Road Map to Financial Independence and a Rich, Free Life,’ by JL Collins

Buku ini menjelaskan cara sederhana untuk menjadi kaya raya.
Buku ini menjelaskan cara sederhana untuk menjadi kaya raya.

Buku keuangan yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan pensiun dini. Cara yang coba diterapkan oleh buku ini adalah dengan melakukan investasi. Jadi, buku ini akan cocok sekali untuk kamu yang sedang ingin memulai investasi. Buku keuangan ini bisa dibilang menggunakan bahasa yang ringan dan mudah untuk di mengerti.

Walaupun memang ada beberapa bagian dalam buku yang bisa terlihat rumit, tapi ada baiknya untuk membaca dan mencoba memahami buku ini dengan perlahan, ya. Di Amazon, buku ini mendapatkan skor rating rata-rata sebesar 4.8 bintang. Rating yang bisa dibilang cukup tinggi untuk buku dengan genre keuangan.

2. ‘Broke Millennial,’ by Erin Lowry

Untuk para milenial yang ingin mulai belajar finansial, mungkin bisa menggunakan buku ini sebagai acuan.
Untuk para milenial yang ingin mulai belajar finansial, mungkin bisa menggunakan buku ini sebagai acuan.

Ingin mencapai tujuan yang kamu tentukan tapi merasa sulit untuk dilakukan? Nah, buku yang satu ini sangat cocok untuk dibaca para milenial yang saat ini mungkin baru merintis karir. Buku finansial ini menjadi salah satu favorit untuk dibaca para milenial karena gaya bahasanya yang ringan dan mudah dimengerti.

Selain itu, buku ini juga membahas dan dekat dengan berbagai macam permasalahan yang dirasakan oleh para milenial. Mulai dari membahas tentang bagaimana menjadi seorang dewasa muda hingga bagaimana cara mengurus hutang. Ada juga bahasan mengenai milenial yang masih tinggal bersama dengan orang tuanya. Melalui buku ini juga kamu akan diajarkan cara mengatur keuangan pribadi. Pokoknya, buku ini sangat cocok untuk kaum dewasa muda yang ingin mempelajari tentang keuangan.

3. ‘The Automatic Millionaire: A Powerful One-Step Plan to Live and Finish Rich,’ by David Bach

Berusaha untuk menjadi kaya kini bisa menjadi lebih mudah dan efisien berkat buku David Bach ini.
Berusaha untuk menjadi kaya kini bisa menjadi lebih mudah dan efisien berkat buku David Bach ini.

Rekomendasi buku keuangan pribadi yang satu ini akan cocok untuk kamu yang ingin membangun sistem keuangan di hidupmu. Buku ini bagus untuk kamu yang senang dan terbiasa untuk membangun sebuah rencana.

Melalui bukunya, David Bach mengajarkan satu hal penting dari keuangan. Hal itu adalah: “biarkan uang bekerja untukmu”. Dengan buku ini, para pembaca akan diajak untuk bisa mengatur keuangannya dengan bijak. Mulai dari menabung hingga bagaimana cara mengatur investasi agar bisa mendapatkan keuntungan besar.

Buku ini juga bisa membantu kamu membuat rencana keuangan yang tepat dan sesuai dengan kamu. Nantinya, rencana keuangan yang kamu buat bisa juga langsung diterapkan.

4. ‘I Will Teach You To Be Rich,’ by Ramit Sethi

Menyusun rencana hingga belajar untuk menjadi kaya, semua bisa didapatkan dari buku yang satu ini.

Buku karangan Ramit Sethi ini menjelaskan tentang rencana selama enam minggu yang bisa kamu terapkan untuk bisa menjadi kaya. Salah satu bahasa di dalam buku ini adalah cara belajar untuk mengetahui penggunaan kartu kredit. Hal ini penting untuk diperhatikan karena kartu kredit merupakan salah satu alat bayar yang punya peluang tinggi untuk disalahgunakan.

Selain kartu kredit, buku ini juga membahas mengenai sistem keuangan. Sistem yang baik dan sesuai perlu dibangun karena untuk mendapatkan kekayaan merupakan hal yang sulit. Ada berbagai macam hal yang perlu dipikirkan dan dilakukan sebelum akhirnya kamu bisa bisa merintis kekayaan.

5. ‘Get A Financial Life: Personal Finance in Your Twenties and Thirties,’ by Beth Kobliner

Untuk para profesional muda yang ingin belajar finansial, buku yang satu ini mungkin akan cocok untukmu.
Untuk para profesional muda yang ingin belajar finansial, buku yang satu ini mungkin akan cocok untukmu.

Rekomendasi buku keuangan pribadi terakhir berasal dari Beth Kobliner. Buku ini dibuat untuk para profesional muda yang baru menapaki dunia kerja. Karya Beth ini juga cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang baru ingin menerapkan keteraturan finansial di hidup mereka.

Buku yang memilih fokus untuk para milenial ini akan menjelaskan berbagai macam hal tentang keuangan secara mendasar. Beberapa topik yang diangkat antara lain tentang mengatur pajak dan cara membayar hutang. Melalui bukunya, Beth Kobliner membantu banyak muda-mudi yang ingin belajar lebih mendalam tentang finansial. 

***

Itulah rekomendasi buku keuangan pribadi yang bisa menambah pengetahuanmu tentang keuangan. Dengan membaca, waktumu terisi, pengetahuanmu juga akan bertambah. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga untuk ikut membaca buku juga. Diskusikan rekomendasi buku keuangan pribadi ini – mana yang menjadi favoritmu? Atau mungkin, adakah buku lain tentang keuangan yang menjadi favoritmu?

Selamat membaca!

A writer that likes to write about any interesting topics. Browse memes and cat videos in her spare time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *