5 Profesi yang Memungkinkan Work From Home

Meningkatnya penularan virus COVID-19 yang sudah menyebar di Indonesia sejak akhir Februari lalu ternyata berdampak banyak terhadap berbagai aspek kehidupan yang ada di Indonesia. 

Misalnya saja, karena adanya penyebaran wabah ini, pemerintah pusat akhirnya membuat kebijakan agar para warganya tidak melakukan kegiatan di luar rumah. 

Hal ini termasuk dengan para pekerja yang biasa melakukan kegiatan mereka di kantor masing-masing. 

Perusahaan-perusahaan pun menanggapi peraturan yang diberikan oleh pemerintah pusat ini dan menerapkannya. 

Banyak dari perusahaan ini mengubah peraturan kantor dan mengizinkan para karyawannya untuk bekerja dari rumah. 

Para karyawan yang bekerja dari rumah ini pun masih bisa secara efektif melakukan pekerjaan mereka asalkan didukung oleh ketersediaan laptop/gadget dan jaringan internet yang stabil. 

Pada akhirnya, ada beberapa profesi yang memungkinkan work from home muncul seperti yang banyak kita temui belakangan ini.

Walaupun begitu, ada pula beberapa profesi yang tidak memungkinkan pelakunya untuk bekerja dari rumah. Misalnya saja, profesi sebagai dokter, buruh pabrik, driver ojek online, dan beberapa bidang pekerjaan lain yang tidak termasuk ke dalam profesi yang memungkinkan work from home

Untuk kalian yang penasaran apa saja profesi yang memungkinkan work from home, simak beberapa pilihan pekerjaan di bawah ini:

1. Pemilik Toko Online

Berjualan secara online bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan menguntungkan
Berjualan secara online bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan menguntungkan.

Seiring dengan masih berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus COVID-19 di beberapa kota besar, maka semua masyarakat diharapkan untuk bertahan di rumah dan tidak bepergian jika benar-benar tidak ada keadaan darurat. 

Nah dengan banyaknya waktu luang yang bisa kamu habiskan di rumah, bisa lho kamu mulai melirik profesi yang memungkinkan work from home yang satu ini.

Kamu bisa mulai berjualan barang-barang secara online, terlebih karena sekarang sudah marak marketplace tempat para penjual bisa bertemu dengan para pembeli. 

Misalnya, untuk kamu yang hobi memasak, kamu bisa mencoba untuk mulai memproduksi makanan-makanan beku. Sekarang ini, makanan beku sedang laku karena proses penyajiannya yang relatif mudah. Harganya terjangkau dan ramah untuk kantong.

2. Graphic Designer

Untuk kamu yang memiliki skill graphic design mungkin harus mencoba bidang pekerjaan ini
Untuk kamu yang memiliki skill graphic design mungkin harus mencoba bidang pekerjaan ini

Profesi yang memungkinkan work from home lainnya adalah graphic designer

Sebagai seorang graphic designer, kamu tidak dituntut untuk bisa hadir secara fisik di kantor. Kamu bisa mengerjakan semua yang kamu butuhkan dari rumah saja. 

Hal yang dibutuhkan bagi para graphic designer tentunya adalah software desain yang bagus dan koneksi internet yang mumpuni agar bisa berkomunikasi dengan para klien.

Profesi graphic design ini bisa dibilang memiliki pemasukan yang cukup besar lho. Selain itu pasti masih akan ada banyak pihak yang membutuhkan jasa dari pekerjaan ini untuk usaha yang mereka lakukan, baik itu besar maupun kecil. 

Untuk kamu yang memiliki skill untuk mendesain, ada baiknya untuk mempertimbangkan pekerjaan ini.

3. Penulis Lepas

Menulis ternyata bisa dijadikan salah satu alternatif untuk bekerja dari rumah lho.
Menulis ternyata bisa dijadikan salah satu alternatif untuk bekerja dari rumah lho.

Jika ada beberapa di antara kalian yang memiliki kemampuan untuk menulis, maka bisa dibilang profesi yang memungkinkan work from home yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat sekali untuk kamu. 

Menjadi penulis di masa sekarang ini bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan hanya dari rumah saja. 

Cukup dibutuhkan gadget yang mumpuni untuk menulis dan koneksi internet yang stabil, maka kamu sudah siap untuk melaksanakan pekerjaanmu.

Peluang kerjanya sendiri terbilang cukup tinggi karena ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa seorang penulis lepas. 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah memperluas wawasanmu dan mulai mencari-cari lowongan pekerjaan menulis yang sesuai dengan keahlianmu. 

Menjadi penulis lepas juga tergolong simpel karena kamu bisa melakukannya di rumah baik sebagai pekerjaan tambahan atau bahkan pekerjaan utama.

Nah, biasanya sebagai penulis kamu akan melakukan riset terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan konten yang akan digarap. 

Setelah itu baru kamu bisa masuk ke proses menulis dan jika selesai akan masuk ke tahap editing. Kemudian, jika ternyata dibutuhkan data dari hasil wawancara narasumber misalnya, kamu bisa dengan mudah melakukannya via telepon atau surel.

4. Content Creator

Menulis ternyata bisa dijadikan salah satu alternatif untuk bekerja dari rumah lho.
Suka membuat konten? Mungkin pekerjaan yang satu ini akan cocok untuk kamu lakukan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka semakin banyak pula aplikasi media sosial yang berfokus pada konten. Sebut saja Youtube, Tik Tok, Instagram, dan Twitter. 

Aplikasi-aplikasi ini cocok sekali untuk kamu yang tertarik untuk menekuni pekerjaan sebagai content creator.

Sebagai content creator, kamu perlu menciptakan konten yang unik, sesuai dengan bidang tertentu. 

Misalnya saja kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang beauty content creator di mana kamu bisa membuat konten-konten tentang produk tertentu dan memberikan review

Atau kamu lebih tertarik dengan dunia game? Kamu bisa mempertimbangkan diri untuk melakukan live streaming dari game yang sedang kamu mainkan.

5. Web Developer

Untuk kamu yang punya skill web design dan coding mungkin bisa punya peluang di pekerjaan ini.
Untuk kamu yang punya skill web design dan coding mungkin bisa punya peluang di pekerjaan ini.

Bisa dibilang profesi yang memungkinkan work from home ini masuk kategori yang cukup sulit karena diperlukan skill tertentu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke dalamnya. 

Namun, jika kamu memiliki skill ini, ada baiknya segera kamu manfaatkan peluang ini. 

Selain kebutuhan yang sedang ada dan akan terus dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan baik pemerintah maupun swasta. Tak hanya itu, bisa dibilang pemasukan dari pekerjaan ini terbilang mahal lho, karena skill ini tidak dimiliki oleh banyak orang di luar sana.

A writer that likes to write about any interesting topics. Browse memes and cat videos in her spare time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *