5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Modal Minim

Dengan perkembangan internet yang begitu pesat, banyak hal yang bisa kita lakukan di dunia digital. Mulai dari membangun koneksi dengan orang lain lewat media sosial, mencari hiburan dengan bermain games, mendengar musik, menonton film, dan juga menghasilkan uang.

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan kesempatan untuk mencari cara mendapatkan uang dari internet, yuk cek pembahasan berikut ini! Cara-cara ini minim modal lho.

1. Menjadi Responden Survey Online

Menjadi responden survey online adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet.
Menjadi responden survey online adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba adalah menjadi responden survey online. Sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang riset yang memanfaatkan internet untuk mendapatkan responden, misalnya ViewFruit, iPanel, Mobrog, Jakpat, YouGov, dll.

Riset yang dilakukan pun bermacam-macam, mulai dari riset karakteristik konsumen di pasar, gaya hidup masyarakat demografi tertentu, pendapat masyarakat tentang merk tertentu, dan lain-lain.

Jika kamu menjadi responden survey, perusahaan-perusahaan atau institusi-institusi ini akan memberikan imbalan berupa kupon belanja, pulsa, atau uang. Meskipun bayarannya kecil, tapi lumayan lho kalau dilakukan secara konsisten, apalagi mengingat waktu yang dikeluarkan untuk mengisi survey tidak banyak.

2. Menjadi Content Creator di Media Sosial

Content creator merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling populer.
Content creator merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling populer

Menjadi content creator merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang sangat populer.

Untuk kamu yang memiliki hobi atau keterampilan tertentu, media sosial bisa menjadi sarana yang bagus untuk menunjukkan kebolehanmu, lho.

Misalnya saja kamu memiliki hobi memasak. Kamu bisa memanfaatkan Instagrammu untuk mempost masakan buatanmu atau resep buatanmu. Atau mungkin kamu senang berdandan – kamu bisa membagikan tips dan trik aplikasi make up di channel Youtube-mu.

Selain membagikan pengetahuan dan mengasah keterampilanmu, jika kamu konsisten meng-update konten, kamu bisa ditawari kerja sama dengan brand, misalnya untuk me-review produk, mempromosikan produk baru, dan lain-lain. 

3. Menjual E-book

Cara mendapatkan uang dari internet yang juga bisa kamu coba adalah membuat e-book.

Kalau kamu senang menulis, senang berbagi, dan memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap suatu hal, maka kamu bisa mencoba untuk menulis e-book. Misalnya, belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Atau kamu juga bisa mencoba menulis novel.

Kamu bisa mencontoh buku lain yang sudah pernah dicetak sebelumnya untuk dijadikan sebagai referensi kerangka e-book-mu. Jangan lupa, sertakan cover yang menarik, lalu kamu bisa mempromosikannya di media sosialmu.

Atau, kamu juga bisa mencoba untuk mempublikasikan e-book-mu lewat penerbit buku, seperti Gramedia Digital Publishing System atau Google Play Books Partner.

4. Membuka Online Shop

Membuka online shop juga salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba, karena di masa kini belanja online sangatlah marak.

Kamu bisa mulai mencoba berjualan barang yang kamu sering beli, karena sudah memahami karakteristik barang tersebut. Misalnya, jika kamu senang berbelanja skincare, maka jika kamu ingin mulai membuka online shop, juallah produk-produk skincare.

Pengetahuanmu akan produk yang kamu sudah dapatkan karena sudah sering membeli produk itu sebelumnya akan memudahkan kamu untuk mempromosikan barang yang kamu jual.

Kalau kamu belum memiliki modal, kamu bisa mencoba sistem dropship. Kamu bisa mengunjungi situs seller Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Lazada, Meesho Business, Superapp, Chilli Beli atau e-commerce lainnya untuk mulai membuka online shop kamu. Jangan lupa promosikan tokomu di media sosial seperti Twitter dan Instagram, untuk menarik banyak pembeli. 

Itulah 5 ide cara mendapatkan uang dari internet. Kamu bisa memilih manapun yang kamu rasa paling nyaman dan paling menyenangkan untuk kamu lakukan.

Memang, mungkin pendapatanmu tidak langsung bertambah dalam waktu yang singkat, namun jika dilakukan secara konsisten, niscaya pekerjaan tambahan ini bisa menambah pundi-pundi uangmu juga.

5. Mengaktifkan Paid Click di Blog Pribadi

Jika kamu seorang blogger yang aktif, kamu bisa mendapatkan pendapatan tambahan dengan mengaktifkan paid to click ads di blog pribadimu.

Cara kerjanya sederhana, kamu cukup menjadi mitra perusahaan paid to click (misalnya seperti Google Adsense). Perusahaan paid to click akan memasangkan iklan perusahaan pengiklan yang sesuai dengan konten blogmu.

Jika ada pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut, kamu akan mendapat imbalan dari perusahaan paid to click tersebut. Jadi, selain menyalurkan hobi menulis dan minatmu terhadap topik tertentu, kamu juga bisa mendapatkan uang dari internet. Menarik bukan?

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

20s something... doing this and that.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *