5 Cara Membicarakan Keuangan dengan Pasangan di Awal Hubungan

Saat kamu pertama kali menjalin hubungan dengan seseorang, pasti ada banyak sekali hal yang ingin kamu bicarakan dengan pasanganmu. Mulai dari hobinya, makanan atau minuman favorit, film kesukaannya, pekerjaannya, keluarganya, dan masih banyak hal lainnya. Ada beragam topik yang bisa kamu lempar untuk dibicarakan dengan pasanganmu.

Tapi, pernahkah terpikirkan untuk membicarakan keuangan dengan pasangan?

Entah kamu baru memulai hubungan dengan pasanganmu, atau bertahun-tahun, membicarakan keuangan dengan pasangan bisa jadi hal yang canggung dalam hubunganmu. Tapi, beberapa pakar mengatakan bahwa hal ini penting untuk dibahas. Topik keuangan akan lebih baik ketika dibicarakan jauh sebelum melangsungkan pernikahan. 

Anuj Nayar, pakar kesehatan keuangan dari LendingClub mengatakan bahwa membicarakan keuangan dengan pasangan di awal hubungan itu penting. Menurut Anuj, membicarakan keuangan dengan pasangan pada saat terjadi masalah keuangan di dalam hubungan sama saja dengan terlambat. “Pada saat masalah terjadi, emosi bisa jadi sudah sulit untuk dikendalikan dan keputusan yang diambil tidak akan maksimal serta matang. Membicarakan ekspektasi keuangan di awal hubungan bisa membantu untuk membangun hubungan yang sehat.”

Nah, meskipun tidak mudah, untuk menghindari masalah demikian, alangkah baiknya jika kamu mulai membicarakan keuangan dengan pasangan. Berikut ini 5 cara yang bisa membantumu membicarakan keuangan dengan pasangan.

1. Mulai berbicara dari hal yang umum

Membicarakan keuangan dengan orang terkasih bisa dimulai dari hal yang kecil dan sederhana
Membicarakan keuangan dengan orang terkasih bisa dimulai dari hal yang kecil dan sederhana

Mungkin kamu bisa membicarakan tentang bagaimana uang menurut pendapatmu, atau mungkin tentang bagaimana keluargamu memandang uang. Coba mulai dari hal-hal yang sedang banyak dibicarakan.

Misalnya tentang pasar saham yang sedang naik, tentang bisnis perikanan yang mungkin sedang ramai digandrungi masyarakat kini, dan lain sebagainya.

Bicarakan dengan sesantai mungkin agar membuat pasanganmu nyaman untuk mulai membicarakan soal keuangan. Tapi jika kamu merasa respon yang diberikan justru membuatnya jadi memberi jarak, tidak perlu dipaksakan untuk membicarakan topik ini sekarang.

2. Gunakan imajinasi

Gunakan imajinasi saat membicara keuangan dengan pasangan
Gunakan imajinasi saat membicara keuangan dengan pasangan

Cara lain yang bisa kamu coba adalah mengajak pasanganmu berimajinasi tentang keuangan.

Coba tanyakan, apa yang akan dia lakukan jika ia menang undian dan mendapatkan uang miliaran rupiah? Atau ajak dia memilih. Melakukan pekerjaan puluhan jam setiap minggunya dengan bayaran puluhan juta, atau bekerja lebih ringan tapi uang yang didapat tidak seberapa.

Nah, dari jawaban pertanyaan yang ringan ini, kamu bisa melihat kepribadian seperti apa yang ada pada pasanganmu saat membicarakan konteks keuangan.

3. Tanyakan bagaimana masa kecil pasangan yang berkaitan dengan keuangan

Mendiskusikan tentang masa kecil pasanganmu bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui bagaimana kepribadiannya.
Mendiskusikan tentang masa kecil pasanganmu bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui bagaimana kepribadiannya.

Untuk mengetahui latar belakang keuangan pasangan, kamu bisa mulai bertanya tentang bagaimana masa kecil pasanganmu dulu, dalam konteks keuangan.

Kamu bisa bertanya pekerjaan seperti apa yang orang tuanya miliki. Atau seberapa banyak penghasilan mereka dan apa yang biasa orang tuanya ajarkan pada pasanganmu terkait keuangan pribadi. Dari percakapan ini, kamu bisa melihat bagaimana padangan pasanganmu terhadap keuangan di masa sekarang.

Penting untuk membahas keluarga, karena secara tidak langsung keluarga berperan penting dalam membentuk pandangan kita dalam hidup, termasuk aspek keuangan. Selain mengetahui pandangan pasangan terhadap keuangan, kamu juga bisa mengenal lebih dekat tentang pasanganmu. Lewat percakapan ini, mungkin saja kamu menemukan hal baru tentang pasanganmu yang sebelumnya tidak kamu ketahui.

4. Bicarakan tentang tujuan keuanganmu

Berbagi kepada pasanganmu tentang tujuan keuanganmu bisa jadi hal yang positif untuk hubungan satu sama lain.
Berbagi kepada pasanganmu tentang tujuan keuanganmu bisa jadi hal yang positif untuk hubungan satu sama lain.

Salah satu cara mudah untuk membicarakan keuangan dengan pasangan adalah dengan bercerita tentang keuangan dirimu sendiri.

Kamu bisa:

  1. Menceritakan tentang pengeluaranmu serta tabunganmu,
  2. Menjelaskan seberapa banyak dana darurat yang kamu siapkan,
  3. Membahas apa saja investasi yang sedang atau kamu rencanakan untuk lakukan, dan lain sebagainya.

Dengan menceritakan keuanganmu, kamu bisa membuat pasanganmu merasa dipercaya olehmu. Bercerita juga memberikan peluang bagi pasanganmu untuk ikut berdiskusi tentang pengalamannya mengelola keuangan. Pembicaraan akan jadi lebih mudah karena kalian berdua jadi saling megetahui tentang satu sama lain lebih mendalam.

5. Coba atur keuangan bersama pasangan

Membuat tabungan bersama pasangan untuk tujuan yang ingin dicapai bersama bisa membantu mempererat hubungan.
Membuat tabungan bersama pasangan untuk tujuan yang ingin dicapai bersama bisa membantu mempererat hubungan.

Cara lain untuk memulai diskusi tentang keuangan dengan pasangan adalah dengan membuat tujuan keuangan jangka panjang bersama pasangan.

Tujuan jangka panjang ini bisa saja menabung DP rumah bersama untuk pengajuan KPR. Atau bisa juga dimulai dari hal ringan seperti menabung untuk berlibur bersama-sama. Kamu bisa membuat rekening tabungan bersama pasangan dan mengajak satu sama lain untuk sama-sama bertanggung jawab. Baik untuk jangka panjang atau pendek, kerja sama dalam keuangan seperti ini tentunya akan bisa membantu kalian berdua. Harapannya, kamu akan bisa mencapai tujuan bersama dengan lebih mudah untuk ke depannya.

*****

Dengan membicarakan keuangan, kamu dan pasanganmu akan bisa belajar dari satu sama lain tentang perihal keuangan satu sama lain. Selain memperlancar komunikasi di dalam hubunganmu, membicarakan keuangan dengan pasangan juga bisa membantu mengerti satu sama lain. Kamu dan pasanganmu juga bisa berusaha menjadi pribadi lebih baik lagi. Apalagi jika kamu bisa saling memberikan feedback dan saran yang positif untuk diterapkan dalam gaya hidup masing-masing.

Tentunya komunikasi untuk mencapai suatu kompromi adalah hal yang penting. Terutama untuk topik keuangan yang bisa dibilang cukup krusial dalam suatu hubungan. Lebih baik dimulai sedini mungkin dibandingkan harus menyesal di kemudian hari bukan?

A writer that likes to write about any interesting topics. Browse memes and cat videos in her spare time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *