Bukan Hanya dari Orangtua, Ini 5 Cara Mahasiswa Mencari Uang Tambahan

Sudah bukan zamannya mahasiswa hanya menunggu uang jajan ataupun kiriman dari orang tua. Kini saatnya mulai memutar otak untuk berpikir agar memiliki cara mahasiswa mencari uang tambahan.

Bagaimanapun di era seperti ini, pemasukan tambahan, khususnya bagi mahasiswa, amat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kebutuhan primer seperti makan, sewa kos, atau berbagai keperluan kuliah.

Nah, sebagai seorang mahasiswa, kamu memiliki banyak jalan untuk mencari uang tambahan tersebut. Ada berbagai pekerjaan yang bisa kamu pertimbangkan untuk kerjakan agar bisa mendapat dana di luar kiriman maupun uang jajan orang tua.

Berikut ini ada beberapa pilihan cara mahasiswa mencari uang tambahan yang simpel, fleksibel, sekaligus bisa mendatangkan tambahan cuan untuk kebutuhanmu sehari-hari. 

1. Menjual Cemilan di Kampus 

Sebagai mahasiswa, kamu bisa mencari uang tambahan dengan berjualan makanan ringan
Sebagai mahasiswa, kamu bisa mencari uang tambahan dengan berjualan makanan ringan

Makanan menjadi kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh banyak orang, tidak terkecuali orang para mahasiswa.

Jadikan teman-temanmu di kampus sebagai pasar yang potensial untukmu menjual berbagai produk makanan yang bisa kamu buat secara simpel dan mudah dari rumah ataupun indekosmu. 

Bawalah makanan yang kamu jual setiap hari ke kampusmu. Alangkah baiknya kamu membaginya menjadi dua.

Pertama untuk diangkut ke kelas dan ditawarkan langsung ke teman-temanmu yang mengambil satu mata kuliah yang sama. Kedua, untuk dititipkan di kantin ataupun koperasi mahasiswa. Keuntungan menjual penganan di kampus sangat menjanjikan, apalagi secara umum laba dari usaha makanan rata-rata bisa mencapai 30—50 persen dari modal. 

2. Menjadi Penjual Pulsa 

Menjual pulsa merupakan cara mencari uang tambahan bagi mahasiswa yang tidak memakan waktu
Menjual pulsa merupakan cara mencari uang tambahan bagi mahasiswa yang tidak memakan waktu

Cara mahasiswa mencari uang tambahan yang simpel lainnya adalah menjadi penjual pulsa.

Mungkin kamu ragu dengan jenis pekerjaan ini bisa laku atau tidak saat ini. Soalnya, saat ini banyak orang sudah banyak menggunakan internet banking untuk melakukan berbagai pembelian, termasuk membeli pulsa telepon maupun internet. 

Tapi, percayalah bahwa pasar dari para penjual pulsa tidak akan hilang dalam jangka waktu dekat, meskipun internet banking saat ini semakin populer.

Umumnya, mahasiswa yang cenderung memiliki uang pas-pasan, melakukan pembelian secara tunai kepada seseorang yang akrab dan bisa dikontak kapan saja dirasa lebih nyaman.

Di samping itu dengan menjual pulsa, kamu sama sekali tidak mesti menyisihkan waktumu untuk kegiatan ini. Kamu cukup bertransaksi ketika ada yang membeli, sesimpel itu. 

3. Menjadi Tutor 

Sebagai mahasiswa, kamu juga bisa mencari uang tambahan dengan menjadi pengajar di suatu bimbingan belajar
Sebagai mahasiswa, kamu juga bisa mencari uang tambahan dengan menjadi pengajar di suatu bimbingan belajar

Sebagai mahasiswa, kamu sudah mengenyam dan memiliki pengetahuan mengenai berbagai pelajaran di tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

Nah, jadikanlah pengetahuan tersebut sebagai cara mahasiswa mencari uang tambahan. Kamu dapat menjadi tutor selepas kelas di kampus selesai. Kamu dapat menjadi tutor sebagai pengajar privat ataupun di bimbingan-bimbingan belajar yang kini banyak bertaburan di mana-mana.

Pilihlah mata pelajaran yang kamu kuasai dan mulailah untuk mengajar. Penghasilan dari mengajar privat ataupun menjadi tutor di bimbingan belajar pun cukup menarik karena gajimu akan dihitung per jam ajar.

Honor mengajar bisa menjadi pemasukan yang memenuhi kebutuhan hidup bulananmu jika dikerjakan secara serius. 

4. Menjadi Pemandu Wisata

Untuk kamu yang tinggal di daerah wisata, kamu bisa menjadi pemandu wisata
Untuk kamu yang tinggal di daerah wisata, kamu bisa menjadi pemandu wisata

Menjadi seorang mahasiswa di suatu kampus di daerah wisata bisa menjadi keuntungan tersendiri. Setidaknya karena sudah menetap cukup lama di daerah tersebut, kamu jadi mengetahui berbagai tempat menarik untuk tujuan wisata.

Pengetahuan tersebut pun bisa menjadi modal untukmu guna menjadi seorang pemandu wisata. 

Kamu bisa menawarkan jadi memandu wisata kepada teman-temanmu dari daerah lain atau dari penawaran jasa di internet. Gunakan waktu libur kuliah di akhir pekan untuk pekerjaan ini agar tidak mengganggu kegiatan belajar-mengajarmu di kampus.

Dengan menjadi pemandu wisata, kamu akan memperoleh jasa dan tip pemandu yang lumayan dari tamu-tamu. Itu bahkan belum termasuk dibayari untuk makan siang dan biaya perjalanan ke berbagai tempat wisata yang menarik itu. Menarik, bukan?

5. Admin Media Sosial 

Media sosial menawarkan berbagai kesempatan untuk mencari uang tambahan untuk mahasiswa
Media sosial menawarkan berbagai kesempatan untuk mencari uang tambahan untuk mahasiswa 

Manfaatkan era internet ini sebagai ladang untuk mencari uang. Perhatikan, saat ini media sosial menjadi kebutuhan tidak hanya oleh individu, melainkan juga oleh berbagai pemilik bisnis.

Sayangnya, tidak semua pemilik bisnis memiliki waktu dan kemampuan untuk mengelola akun media sosialnya agar bisa menjaring konsumen yang lebih melimpah. Cobalah melamar menjadi admin media sosial ke berbagai usaha kecil dan menengah (UKM).

Tugasmu adalah mengelola akun media sosial mereka, dari membuat konten yang pas sampai menjawab berbagai pertanyaan calon konsumen. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini di mana saja dengan bermodalkan internet. Dengan demikian, waktu kuliahmu tidak akan banyak terusik. 

Nah, terbukti bukan banyak cara mahasiswa mencari uang tambahan? Asal ada niat, banyak peluang agar kamu bisa mulai mandiri sedari masih di bangku kuliah. Dana yang kamu peroleh dari hasil bekerja tersebut pun pada akhirnya bisa kamu tabung sedikit demi sedikit untuk kebutuhan mendesak ataupun saat orangtua sedang kesulitan untuk memberikan dana kepadamu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *