3 Tips Mudah Mengatur Keuangan Pribadi untuk Kamu Yang Ingin Mapan

Keuangan merupakan salah satu aspek penting kehidupan semua orang. Dengan uang, kita dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun keinginan secara mandiri.

Sayangnya, uang kita terbatas, dibandingkan dengan kebutuhan dan keinginan kita yang rasanya terus bertambah setiap harinya. Akibatnya, rasanya, gaji seperti numpang lewat aja! Duh…

Nah, karena itu, kita harus pintar-pintar mengatur keuangan pribadi kita, supaya kebutuhan dan kewajiban kita terpenuhi dengan baik. Bagaimanapun juga, mapan secara finansial adalah dambaan semua orang, bukan?

Buat kamu yang mau memulai hidup mandiri yang mapan secara finansial, yuk, mulai belajar mengatur keuangan pribadi dengan tips-tips di bawah ini!

Tips Mudah Mengatur Keuangan Pribadi

Gunakan metode amplop untuk mengatur keuangan pribadi

1. Catat Semua Pendapatanmu dan Buat Budget Bulanan agar gajimu tidak numpang lewat aja di rekening, sebaiknya kamu menjumlahkan semua pendapatanmu per bulan lalu membuat budget bulanan untuk kebutuhan bulananmu. Ada beberapa cara mudah untuk membuat budget bulanan:

  • Metode Amplop: Jika kamu kesulitan mengatur keuangan pribadi karena terbiasa menggunakan kartu debit atau kartu kredit secara berlebihan, kamu bisa memakai cara ini. Labeli amplop-amplop sesuai kebutuhan bulananmu, misalnya, amplop untuk makan, ongkos, pulsa, dll, kemudian simpan uang cash dalam amplop-amplop yang sudah kamu labeli. Dengan begini, kamu bisa melacak pengeluaranmu dengan lebih mudah.
  • Metode 50/20/30: Tidak suka membuat budget yang detail? Kamu bisa mengalokasikan pendapatanmu sebagai berikut: 50% untuk kebutuhan bulanan, 20% untuk tabungan, 30% untuk keinginanmu (misalnya liburan, makan enak, belanja-belanja). Dengan cara ini, kamu bisa tetap memenuhi kewajibanmu sambil have fun. Kalau rasio ini tidak cocok, kamu bisa menggunakan rasio 60/20/20.
  • Metode Zero Based Budget: Untuk kamu yang sedang punya cicilan atau hutang yang nominalnya besar, metode ini patut kamu coba. Sederhananya, kamu membuat budget untuk semua cicilan, hutang, kebutuhan dan tagihan setiap bulan. Budget ini perlu terus disesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu, karena mungkin saja kebutuhanmu tiap bulan berbeda. Nah, berapapun uang yang tersisa, alokasikan untuk membayar lagi cicilan atau hutang tersebut, jadi hutangmu cepat lunas.

2. Cari Sumber Pendapatan Tambahan, jika kamu merasa pendapatanmu yang sekarang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dan tagihan bulananmu, mungkin sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk mencari pendapatan lagi.

Mungkin kamu bisa membuka online shop, belajar hal-hal baru yang dapat dijadikan pekerjaan freelance, atau menjadikan hobimu sebagai sumber pendapatan.

Kalau kamu sudah memiliki sejumlah uang di tabunganmu, kamu juga bisa menambah pendapatanmu dengan mencari sumber pendapatan pasif. Sumber pendapatan pasif yang populer di Indonesia adalah menyewakan properti, investasi reksa dana, dan investasi saham. Kamu juga bisa menjadi mitra usaha pasif, yaitu dengan menanamkan modal untuk usaha orang yang kamu percaya. Penghasilan pasif ini bisa menambahkan pundi-pundi uangmu – pilihlah yang sesuai dengan kemampuanmu.

3. Tabung Uang untuk Dana Darurat

Dana darurat sangatlah penting dalam mengatur keuangan pribadi

Untuk menghadapi ketidakpastian, dana darurat sangatlah penting. Dana darurat bisa digunakan untuk berbagai keperluan mendesak dan tak terduga.

Contohnya, saat tiba-tiba sumber pendapatan utamamu hilang atau tiba-tiba ada pengeluaran mendadak yang sangat besar (misalnya ada anggota keluarga yang sakit).

Sisihkan sebagian pendapatanmu untuk dana darurat secara berkala. Tips dari kami adalah kamu bisa mengalokasikan pendapatan lebih (misalnya, bonus tahunan kamu) untuk dana darurat kamu. Dengan begini, cadangan dana daruratmu cepat bertambah.

Itulah tips-tips mudah mengatur keuangan pribadi untuk mencapai kemapanan finansial. Yang paling penting, jangan lupa untuk menyelesaikan kewajiban (hutang, cicilan, dll), disiplinlah dalam menggunakan uang, gunakan uang dengan bijaksana, agar kita terhindar dari masalah keuangan dan cepat mencapai kemapanan finansial. Selamat mencoba!

20s something... doing this and that.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *