3 Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis Ini Dapat Membantu Kamu, lho!

Dalam mengelola uang, yang terpenting bukanlah jumlah penghasilan, tetapi kemampuanmu dalam mengelola penghasilanmu. Tanpa adanya kemampuan mengelola finansial (financial literacy) yang memadai, berapa pun penghasilan kamu, uang tersebut pasti akan habis.

Ada berbagai macam cara untuk mempelajari kemampuan tersebut. Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan membuat anggaran dan mencatat pengeluaran bulanan.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui bagian dalam hidup kamu yang memerlukan biaya terbesar. Setelah itu, kamu dapat melakukan analisis atas pengeluaran tersebut, menimbang apa sebenarnya ada bagian yang bisa dihemat atau tidak.

Untuk memudahkanmu mencatat pengeluaran bulanan, kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan gratis, lho. Aplikasi pengatur keuangan gratis bisa kamu bisa dapatkan di Apple Store maupun Google Play Store. Berikut adalah 3 aplikasi pengatur keuangan gratis yang bisa kamu coba.

1. Money Lover

iPhone
Tampilan aplikasi Money Lover

Money Lover merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan gratis terbaik karena tampilannya yang sangat user-friendly. Tampilannya didominasi oleh warna hijau, putih, dan abu disertai dengan beberapa gambar icon yang lucu dan unik.

Setelah mengunduh secara gratis di Play Store, kamu perlu membuat akun yang dapat dibuat melalui empat macam pilihan, yaitu dengan menggunakan akun Facebook, Google, Apple ID, atau alamat email biasa. Akun ini dapat digunakan berbagai macam perangkat sehingga pencatatan keuangan bisa dilakukan di mana saja,

Ada beberapa fitur yang sangat penting, antara lain adalah fitur planning, add transaction, dan report

Fitur Planning:
  • Budgets, untuk membuat anggaran untuk masing-masing atau seluruh kategori.
  • Events, untuk mencatat pengeluaran yang dikeluarkan untuk acara-acara tertentu, misalnya berlibur saat akhir pekan.
  • Recurring Transactions, untuk mencatat pengeluaran berulang secara otomatis.
  • Bills, untuk memonitor tagihan bulanan seperti listrik, biaya sewa, internet, langganan berbayar, dan berbagai macam lainnya.
Fitur Planning Aplikasi Money Lover
Fitur Planning Aplikasi Money Lover
Fitur Add Transaction:

Mencatat pengeluaran yang secara rinci terdiri dari jumlah pengeluaran, kategori, keterangan, dan kapan pengeluaran dilakukan.

Fitur Add Transaction Aplikasi Money Lover
Fitur Add Transaction Aplikasi Money Lover
Fitur Report:
  • Balance, untuk menampilkan saldo awal dan saldo akhir dari bulan yang bersangkutan.
  • Income & Expense, untuk menampilkan pendapatan dan pengeluaran bulanan dalam bentuk angka dan grafik.

2. Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian - Aplikasi di Google Play
Logo aplikasi Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan gratis buatan lokal. Didominasi oleh warna putih dan abu, tampilan aplikasi ini minimalis sekaligus nyaman untuk dilihat oleh penggunanya.

Setelah mengunduh secara gratis di Play Store, kamu tidak perlu membuat akun dan dapat langsung menggunakan fitur-fitur yang ada, berbeda dengan aplikasi pengatur keuangan gratis sebelumnya, Money Lover.

Ada beberapa fitur yang dapat digunakan, yaitu adalah fitur utama dan fitur laporan.

Fitur Aplikasi Catatan Keuangan Harian
Fitur Aplikasi Catatan Keuangan Harian
Fitur Utama:
  • Hari ini, untuk mencatat pengeluaran di hari yang bersangkutan.
  • Tampilkan semua, untuk menampilkan seluruh pengeluaran, dapat diatur dengan menentukan periode tertentu yang ingin diketahui pengeluarannya
Fitur Laporan:

Total, untuk menampilkan pendapatan dan pengeluaran bulanan serta melihat apakah terdapat selisih antara keduanya.

Top Kategori Pengeluaran, untuk menampilkan kategori dengan pengeluaran terbesar.

Top Kategori Pemasukan, untuk menampilkan sumber pendapatan terbesar.

Laporan per Bulan, untuk menampilkan laporan seluruh transaksi yang terjadi selama bulan tertentu, disertai dengan rata-rata pengeluaran per harinya.

Laporan per Minggu, untuk menampilkan seluruh laporan seluruh transaksi yang terjadi selama minggu tertentu, disertai dengan rata-rata pengeluaran per harinya.

Laporan per Kategori, untuk menampilkan seluruh laporan berdasarkan kategori-kategori yang ada.

Export Report, untuk menghasilkan laporan dalam format text/xls/pdf.

3. Monthly Budget Template di Google Sheets

Monthly Budget Google Sheets
Monthly Budget Google Sheets

Meskipun Google Sheets bukan termasuk aplikasi pengatur keuangan gratis, namun Google Sheets dapat digunakan sebagai pengatur keuangan dan fitur dan tampilan yang tidak kalah dengan kedua aplikasi pengatur keuangan gratis yang sudah disebutkan sebelumnya. Caranya adalah dengan menggunakan Monthly Budget Template.

Monthly Budget Template ini dapat dicari di bagian Templates pada Google Sheets. Secara garis besar, template ini terdiri dari dua sheets, yaitu Summary dan Transactions.

Pencatatan pendapatan (Income) dan pengeluaran (Expenses) dapat dilakukan di sheet Transactions. Setelah satu bulan terlewati, seluruh transaksi dapat dilihat pada Sheet Summary. Laporan dapat dilihat dalam bentuk angka maupun grafik.

***

Itulah rekomendasi ketiga aplikasi pengatur keuangan gratis. Yang manapun aplikasinya, tidak masalah, asal kamu rajin mencatat dan menggunakan catatan itu untuk mengatur keuanganmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *